Dark/Light Mode

Berbaik Sangka Terhadap Musibah (2)

Kamis, 2 April 2020 10:03 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Sedangkan ‘adz-ab lebih berkonotasi negatif dan hanya akan ditimpakan kepada umat terdahulu. Kita pantas berterima kasih dan selalu bersalawat kepada junjungan kita nabi Muhammad SAW karena salah satu di antara dua doanya yang kabulkan allah SWT ialah: “Ya Allah janganlah menimpakan azab terhadap umatku sebagaimana umat-umat terdahulu”.

Dengan berpegang pada hadis, maka berbagai becana yang melanda kita selama ini pastilah itu bukan ‘adzab melainkan mushibah dan ujian serta pembelajaran bagi kita untuk menuju masa depan yang lebih baik.

Baca juga : Kedalaman Makna Isra’ Mi`raj (5)

Musibah hadir unutk dijadikan pelajaran (lesson learning) agar manusia mau mengevaluasi perjalanan hidupnya, supaya hidupnya lebih produktif dan lebih produktif, seraya menyadarkan dirinya ada kekuatan Yang Maha dahsyat berkuasa di luar dirinya.

Al-Qur’an mengingatkan: "Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebahagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar)”. (Q.S. Al-Rum/30:41).

Baca juga : Kedalaman Makna Isra Mi `raj (4)

Relasi makrokosmos dan mikrokosmos diwujudkan dalam bentuk taskhir, yaitu penundukan alam semesta kepada manusia (Q.S. Luqman/31:20) sebagai khalifah, namun ketundukan itu bukannya tanpa batas dan tanpa syarat.

Manakala anak manusia gagal menjadi khalifah yang baik, gagal menjalin si-laturrahim dengan makhluk makrokosmos, alam raya, maka dikhawatirkan musibah dan bala akan mewarnai kehidupan manusia.

Baca juga : Kedalaman Makna Isra Mi`raj (1)

Al-Qur’an memberikan tuntunan kepada kita bahwa cara paling arif dan bijaksana untuk menyikapi musibah ialah kembali menyerahkan diri sepenuhnya, memperkuat kesabaran, dan memohon pertolongan kepada Allah SWT sambil mendekatkan diri dengan memperbanyak shalat.

Sebagaimana dalam firmannya: "Hai orang-orang yang beriman, mintalah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan (mengerjakan) shalat, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar". (Q.S. Al-Baqarah/2:153). ***

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.