Dark/Light Mode

Bertawashul Melalui Kekuatan Ramadhan (2)

Selasa, 21 April 2020 10:45 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - 10. Pemisahan diri Mesir dari Dinasti Abbasia, Ramadlan 253 H.

11. Pendirian Uni versitas Al-Azhar, CairoMesir, Uni versitas tertua di dunia, didirikan da lam bulan Ramadlan 361 H. Oleh Dinasti Fatimiyah (Syi’ah).

12. Salahuddin alAyyubi menghalau pasukan Salib dan merebut kota Surya, Ramadlan 584 H.

Baca juga : Virus Dalam Al-Quran

13. Pasukan Salib dikalahkan di Baibars, Ramadlan 675 H.

14. Beberapa negara Islam memper oleh kemerdekaan dari penjajah dalam bulan Ramadlan, termasuk Negara Republik Indonesia, memproklamir kan kemerdekaannya dalam bulan Ramadlan yang bertepatan dengan 17 Agustus 1945, yang baru saja kita per ingati kemerdekaannya yang ke 66.

15. Sejumlah pusat kerajaan lokal di kepulauan Nusantara menyerah kepada system pemerintahan yang bercorak Islam (Sulthan), termasuk di antaranya Kerajaan Bone Sulawesi Selatan, kerajaan terakhir di kawasan Timur Indonesia menyerah ke pemerintahan baru bercorak yang Islam.

Baca juga : Bersahabat Dengan Bala`(1)

Kita tentu harus bersyukur dengan umur dan kesempatan yang Allah berikan kepada kita untuk bisa menjumpai bulan Ramadlan, suatu bulan yang selalu didam bakan oleh orangorang yang mendamba kan kebahagiaan dunia dan akhirat.

Peristiwa demi peristiwa yang menakjubkan di atas tentu bukan hanya terjadi di masa lampau tetapi juga akan terjadi pada diri kita terutama yang meyakini puasa sebagai bagian dari rahmat dan hidayah Allah SWT.

Rasulullah SAW sendiri menunjukkan banyak hikmah di balik puasa, termasuk di antaranya ialah memelihara kesehatan, sebagaimana dalam hadisnya: Shumu tashi hhun (berpuasalah kalian supaya sehat). Para dokter juga melihat kebenaran pernyataan Rasulullah tersebut.

Baca juga : Nabi Sebagai Pencinta Seni (3)

Ini membuktikan bahwa setiap perintah Tuhan pasti mempunyai hikmah positif bagi manusia. Tidak mungkin Allah SWT menurunkan suatu kewajiban di luar am bang batas kemampuan hambanya.

Dalam bulan Ramadhan kali ini sedapat mungkin kita bisa memaksi malkan intensitas dan kekhusyukan seluruh ibadah dan doa yang dilakukan di dalamnya. Terutama kita bermohon agar pandemi Corona bisa menghilang melalui keajaiban Ramadhan dan sekaligus dampak ekonomi dan social budaya serta keagamaan akan segera dipulihkan kembali seperti semula. [BERSAMBUNG]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.