Dark/Light Mode

Agama Dan Pemberantasan Kemiskinan (7)

Kejujuran Beragama Terlihat Dalam Kebaikan Sosial

Jumat, 1 Maret 2019 07:51 WIB
SHAMSI ALI
SHAMSI ALI
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Kedua, kembali ke esensi dasar beragama. Sekiranya agama itu adalah kelapa, maka santannya adalah “kasih sayang” (Rahmah). Tanpa kecuali, semua agama mengakui kasih sayang sebagai esensinya.

Rasulullah SAW sendiri mendefinisikan misinya dengan rahmah: “Dan tidaklah Kami utus kamu (wahai Muhammad) kecuali sebagai rahmah kepada seluruh alam semesta”.

Baca juga : Rasionalisasi Realita Kehidupan

Beliau kemudian menggariskan: “Man laa yarham, laa yurham” (Siapa yang tidak memilki kasih sayang tidak disayangi Allah). Dalam konteks kemiskinan, kasih sayang tentunya bukan menjadikan orang miskin kaya.

Kalau memungkinkan, tentu itu yang terbaik. Tapi kasih sayang boleh jadi sebuah komitmen untuk memperlihatkan support kepada mereka. Seperti doa Rasulullah agar dirinya menjadi bagian dari orang-orang miskin. Atau statemen Rasulullah SAW, bahwa orang-orang miskin akan masuk ke dalam Surga lebih cepat dibandingkan orang-orang kaya.

Baca juga : Mayoritas Orang Miskin Adalah Pekerja Keras

Semua itu bukan sekadar dukungan materi. Tapi juga dukungan moril kepada orang-orang miskin. Sehingga ketika mereka berkekurangan, tidak perlu merasa hina dan dihinakan. Mereka boleh jadi miskin secara materi. Tapi tetap kaya dalam kejiwaan.

Maka orang-orang miskin di kalangan Sahabat di zaman Nabi tidak meminta-minta. Karena mereka merasa kaya di tengah kekurangan materinya. “Laa yas aluunan naasa ilhaafa”. Kasih sayang ini pula yang menjadikan Islam dalam ajaran-ajarannya memperlihatkan dukungan kepada para dhuafa.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.