Dark/Light Mode

Agama Dan Pemberantasan Kemiskinan (5)

Mayoritas Orang Miskin Adalah Pekerja Keras

Rabu, 27 Februari 2019 07:57 WIB
SHAMSI ALI
SHAMSI ALI
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Dalam upaya mengatasi kemiskinan istilah yang biasa digunakan oleh PBB dan dunia internasional adalah “eradication of poverty”. Atau menghapus kemiskinan.

Kata lain yang biasa dipakai adalah “alleviation of poverty”. Atau mengurangi dan juga mengarah kepada “menghapuskan” kemiskinan. Bisakah kemiskinan dihapuskan? Dapatkah kemiskinan diakhiri?

Baca juga : Man-Made Disasters Dan Mismanagement

Jawabannya, jika kemiskinan didefinisikan secara materi semata, maka kemiskinan tidak akan pernah diakhiri atau dihapus. Kemiskinan adalah bagian sunnatullah (hukum Allah) dalam kehidupan.

Bahwa selama dunia masih ada, akan ada yang miskin dan ada yang kaya. Kaya dan miskin ini dibentuk (designed) secara khusus agar terjadi “keserasian” hidup kolektif manusia.

Baca juga : Manusia Makin Rakus, Kasih Sayang Jadi Minim Bahkan Hilang

Serasi yang dimaksud adalah agar hidup manusia dapat berjalan dan saling melengkapi. Sederhananya, bayangkan jika semua manusia kaya. Siapa yang akan jadi sopir? Siapa yang akan jadi tukang kebun? Siapa yang akan jadi tukang bersih dan sampah dan seterusnya?

Barangkali dunia akan merana semerawut justru karena semua manusia telah cukup dan merasa tidak lagi membutuhkan siapa-siapa dalam hidupnya. Kehidupan sosial bangkrut, menjadikan manusia hidup secara “nafsi-nafsi”.

Baca juga : Sudut Pandang Islam

Kita boleh saja menuduh mereka yang miskin karena malas. Bahkan mungkin saja ada yang menuduh Allah yang menghendaki. Tapi apakah demikian? Jawabannya, boleh iya. Boleh tidak. Ada yang miskin karena malas.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.