Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Demokrasi Yang Bermoral (4)

Drama Demi Drama Memalukan

Selasa, 12 Maret 2019 08:56 WIB
SHAMSI ALI
SHAMSI ALI
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
Yang paling berbahaya dan memalukan adalah, ketika pemimpin dalam catatan masyarakat demokrasi itu kehilangan integritasnya. Maka yang terjadi adalah drama demi drama yang memalukan yang dipertontonkan kepada khalayak ramai.

Untuk itu, masanya barangkali dunia sadar, bahwa moralitas harusnya menjadi pengikat dalam berdemokrasi. Dengan itu, demokrasi dapat mempertahankan nilai dan ruang integritasnya.

Baca juga : Korea Dirangkul Erat, Iran Diinjak Keras

Pemimpin harus dijaga oleh nilai-nilai integritas moralnya. Dan di situ pulalah harusnya agama memainkan peranan signifikannya.

Tentu Indonesia harusnya lebih relevan. Karena Indonesia memang adalah negara Pancasila dengan sila Ketuhanan sebagai sila pertamanya. Mengingkari peranan moral keagamaan dalam politik dan demokrasi Indonesia akan melahirkan pemimpin yang tidak bermoral dan kehilangan integirtasnya.

Baca juga : Ketidakjujuran Dan Kemunafikan

Tentunya yang terpenting, mengingkari peranan moral keagamaan adalah wujud pengingkaran nyata terhadap fondasi kenegaraan dan kebangsaan. Semoga!  [Habis]

Imam Shamsi Ali : Santri para ulama, Presiden Nusantara Foundation, Imam Islamic Center New York, Direktur Jamaica Muslim Center New York, Pendiri Pondok Pesantren Di AS, dan Diaspora Indonesia di Kota New York.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.