Dark/Light Mode

Agama Dan Pemberantasan Kemiskinan (4)

Man-Made Disasters Dan Mismanagement

Selasa, 26 Februari 2019 08:05 WIB
SHAMSI ALI
SHAMSI ALI
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Faktor kedua penyebab kemiskian adalah, berbagai kerusakan yang diciptakan oleh manusia (man-made disasters).

Selain kerusakan lingkungan karena manipulasi alam akibat kerakusan manusia, juga ragam kerusakan buatan manusia (man made disasters) menjadi penyebab tumbuhnya kemiskinan global.

Baca juga : Manusia Makin Rakus, Kasih Sayang Jadi Minim Bahkan Hilang

Sejak dimulainya perang Afghanistan misalnya oleh HW Bush pada 2001 lalu, Amerika telah menghabiskan puluhan trilyun USD. Ini mengakibatkan krisis perekonomian yang kronis.

Baik pada level nasional maupun secara global. Bayangkan kalau saja uang sebanyak itu untuk membangun sekolah, modal bagi rakyat kecil untuk memulai usaha, rumah sakit atau klinik, dan seterusnya.

Baca juga : Sudut Pandang Islam

Barangkali untuk sebuah negara Aghanistan terlalu kecil untuk disulap menjadi negara kaya raya dengan modal sebesar itu. Tapi jumlah kerugian di atas itu hanya di pihak Amerika.

Bagaimana dengan Afghanistan yang memang telah terlibat dalam peperangan berkepanjangan? Sekolah-sekolah, rumah-rumah sakit, pasar-pasar, bahkan rumah-rumah dan perkebunan warga luluh lantah karena peperangan.

Baca juga : Menuju Komitmen 2030

Akibat peperangan-peperangan itu, ribuan, bahkan jutaan manusia harus mengungsi ke pengungsian-pengungsian yang sangat memprihatinkan. Tanpa jaminan makanan (food) minuman (clean water) dan penginapan (shelter).

Keadaan ini menjadi faktor besar dalam menumbuhsuburkan kemiskinan di berbagai belahan dunia. Ditambah lagi dengan meningginya sentimen “new konservatisme” Barat yang menolak kehadiran para pengungsi itu.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.