Dark/Light Mode

Etika Politik Nabi Muhammad Saw (42)

Hak Untuk Bekerja (2)

Minggu, 6 Desember 2020 00:28 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Hadis-hadis tersebut di atas menunjukkan betapa mulianya orang-orang yang bekerja untuk memenuhi tanggung jawabnya sebagai pencari nafkah untuk menghidupi sebuah rumah tangga.

Nabi sendiri mencontohkan ketika bangun tidur selalu ada barang bukti secara visual untuk mencocokkan data yang dihimpun. Nabi tidak membedakan laki-laki atau perempuan, etink Arab atau non Arab, serta bangsawan dan bukan bangsawan. Mereka semua sama-sama makan dan memberi makanan kepada anggota keluarganya, terutama anak-anak yang masih belum dewasa.

Baca juga : Hak Untuk Bekerja (1)

Dalam Al-Qur’an juga banyak ditekankan adanya amal usaha dalam rangka memenuhi tanggung jawab kita sebagai khalifah dan sebagai hamba-Nya.

Di antara ayat itu ialah: Dan katakanlah: "Bekerjalah kamu, maka Allah dan Rasul-Nya serta orang-orang mukmin akan melihat pekerjaanmu itu, dan kamu akan dikembalikan kepada (Allah) Yang Mengetahui akan yang gaib dan yang nyata, lalu diberitakanNya kepada kamu apa yang telah kamu kerjakan" (Q.S. Al-Taubah/9:105).

Baca juga : Mencegah Permufakatan Jahat (2)

Dalam ayat lain disebutkan: Katakanlah: "Hai kaumku, berbuatlah sepenuh kemampuanmu, sesungguhnya aku pun berbuat (pula). Kelak kamu akan mengetahui, siapakah (di antara kita) yang akan memperoleh hasil yang baik dari dunia ini. Sesungguhnya, orang-orang yang lalim itu tidak akan mendapat keberuntungan. (Q.S. Al-An’am/6:135). Begitu pentingnya bekerja, jika ada seseorang yang mati di dalam pekerjaannya maka ia dikategorikan mati syahid.***

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.