Dark/Light Mode

Etika Politik Nabi Muhammad SAW (43)

Tidak Mencari Kesalahan Orang Lain (1)

Senin, 7 Desember 2020 04:25 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Mencari-cari kesalahan atau kelemahan orang lain adalah hal yang amat tidak terpuji dalam agama apapun, apalagi di dalam Islam. Sebuah hadis dari Abu Hurairah menginformasikan Nabi bersabda: Apakah kalian tahu apa itu gibah.

Mereka mengatakan: Allah dan Rasul-Nya yang lebih tahu. Nabi mengatakan: Engkau menyebut sesuatu tentang diri saudaramu yang ia tidak suka. Dikatakan: bagaimana jika apa yang aku katakan memang demikian. Nabi mengatakan: Jika apa yang engkau bicarakan demikian ada nya maka engkau telah menggibahnya, dan jika yang engkau bicarakan tidak demikian maka engkau telah mengada ada/mendustakannya. (HR Muslim, Sahih Muslim, Jilid 1, Halaman. 20).

Baca juga : Hak Untuk Bekerja (2)

Hadis lain dari Abu Barzah, Nabi bersabda: Wahai sekalian yang mengaku beriman dengan lisannya, dan iman tidak masuk dalam hati nya, janganlah engkau sekalian menggunjing orang orang Muslim, dan jangan pula engkau mencari-cari kelemahan mereka, karena siapa yang menyingkap kelemahan sauda ra nya sesama Muslim maka Allah akan menyingkap kelemahannya walau ia berada di rumahnya. (HR Baihaqi, Al-Sunan Al-Kubra, Jilid 10, halaman 247).

Hadis lainnya dari Abu Hurairah, Nabi bersabda: Berhati-hatilah kalian dari prasangka buruk, karena prasangka buruk adalah sedusta-dustanya ucapan. Janganlah kalian saling mencari berita kejelekan, saling memata-matai, saling menyaingi, saling mendengki, saling membenci, saling membelakangi. Dan jadilah kalian sebagai hamba-hamba Allah yang bersaudara. (HR Bukhari, Sahih Bukhari, Jilid 5, Halaman 2253).

Baca juga : Hak Untuk Bekerja (1)

Hadis lainnya dari Asma’ binti Yazid Al-Ansariyah, Nabi bersabda: Maukah kalian aku sampaikan tentang siapa yang paling baik di antara kalian tentang siapa yang paling buruk di antara kalian. Mereka menjawab: tentu saja kami mau. Nabi mengatakan: Yang paling buruk di antara kalian ialah orang-orang yang gemar memecah belah orang-orang yang bersahabat, orang-orang yang kerjanya suka mengadu domba/ menghasut, dan suka mencari kekurangan orang-orang yang tidak berdosa. ***

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.