Dark/Light Mode

Memperkenalkan Moderasi Islam Indonesia Di Luar Negeri (16)

Berkenalan Dengan Ormas-ormas Islam Di AS

Senin, 25 Maret 2019 11:01 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Di AS banyak sekali organisasi muslim. Pada umumnya mereka aktif, mungkin karena sama-sama menjadi bagian minoritas maka mereka tertantang untuk bergerak menciptakan wadah eksistensi diri secara spesifik di tengah masyarakat mainstream-mayoritas. 

Hampir semua negara bagian mempunyai jaringan atau cabang ormas, dipermudah karena alat IT yang canggih dan mobilitas masyarakat muslim begitu aktif. Di antara ormas-ormas tersebut ialah: Islamic Society on North America (ISNA), The American Muslim Council (AMC), The Council on American-Islamic Relations (CAIR), The Muslim Public Affairs Council (MPAC), The American Islamic Congress (AIC), The Free Muslims Coalition (FMC), The Muslim Students Association (MSA), Inner-City Muslim Action Network (IMAN), Islamic Relief USA (IRUSA), The Multi-faith Cordoba Initiative (MFCI), The Fiqh Council of North America (FCNA), Interfaith Youth Core (IYC), Zaytuna Institute (ZI), Indonesian Muslim American Association (IMAAM) yang berkedudukan di Masjid Imaam Center Washington DC., The Arab-American Family Support Center (AAFSC).

Baca juga : Problem Migran Muslim Indonesia Di AS

Di samping itu masih banyak lagi wadah atau institusi professional seerti Azizah Magazine (AM) yang mengelola majalah Muslimah di ASA, Karamah, the Islamic Networks Group (ING), the American Society for Muslim Advancement (ASMA). 

Di samping ormas-ormas resmi tersebut, masih banyak lagi asosiasi berdasarkan profesionalisme, kedaerahan, disiplin ilmu, Majlis Ta’lim, kelompok kajian, dan wadah paguyuban lainnya. Bahkan komunitas muslim Indonesia sudah membentuk beberapa wadah paguyuban dan majlis-majlis ta’lim (MT) yang secara periodic mendatangkan ustad-ustad dari Indonesia atau ustas lain dari Indonesia yang berdomisili di negara atau di tempat lain.

Baca juga : Keagamaan Migran Muslim Indonesia Di AS

Mereka sering mendatangkan Ustaz Joban, dai kondang alumni UINJakarta yang kini menjadi dai kondang di AS bagian Selatan atau Ust. Syamsi Ali dari Ujung Pandang yang menjadi mubalig kondang di AS bagian utara AS dan pemilik Pesanteren Nusantara di New York. 
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.