Dark/Light Mode

Etika Politik Nabi Muhammad SAW (54)

Antara Politik Islam Dan Islam Politik (3)

Senin, 18 Januari 2021 05:00 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
Peristiwa Perang Shiffin merupakan perang saudara dalam dunia Islam. Peperangan ini sering disebut fitnah kubra atau fitnah terbesar dalam sejarah umat Islam. Fitnah inilah kemudian melahirkan aliran teologi seperti Syi’ah, Murji’ah, Khawarij, dan simbol Ahlus Sunnah.

Baca juga : Antara Politik Islam Dan Islam Politik (2)

Apa yang ditampilkan Amr ibn ‘Ash itulah contoh Islam Politik. Ia mengecoh lawannya dengan menggunakan simbol Alquran dan bahasa agama. Ia membakar emosi ummat dengan menggunakan ayat dan hadis untuk mencapai kemenangan politik. Ia memojokkan orang lain dengan menggunakan ayat-ayat Al-Quran dan hadis. Ia juga menggunakan ayat dan hadis untuk menghilangkan dan membunuh karakter lawan-lawan politiknya.

Baca juga : Ketum PP PBSI Agung Firman Semangati Atlet Indonesia Di Thailand Open 2021

Sementara Abu Musa al-Asy’ary dapat dikatakan simbol dari Politik Islam dan Amr ibn ‘Ash merupakan simbol Islam Politik. **

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.