Dark/Light Mode

Membangun Peradaban Berbasis Masjid (1)

Memahami Hakekat Masjid (4)

Sabtu, 13 Februari 2021 05:00 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
Jumlah masjid, mushallah, langgar, dan surau di Indonesia berjumlah sekitar 800.000 buah. Jumlah ini luar biasa, terbesar jumlah masjid jika dibanding seluruh negara-negara Islam. Namun jika dibagi dengan populasi muslim Indonesia berjumlah sekitar 220 juta jiwa belum seimbang.

Baca juga : Memahami Hakekat Masjid (3)

Masih banyak orang yang harus berjalan puluhan kilometr bahkan menyeberang ke pulau-pulau lain untuk menyelenggarakan shalat Jum’at karena di daerahnya tidak punya masjid, atau ada masjid tetapi tidak ada khathib. Di tempat lain, ada masjid tidak terasa masjid tetapi lebih terasa hotel berbintang. Bangunan masjid itu sangat mewah sampai menda­patkan julukan masjid VVIP.

Baca juga : Memahami Hakekat Masjid (2)

Sesungguhnya yang ideal ialah para sajid mewujudkan hakekat sujud di atas sajadah atau masjid. Implementasi sujud para sajidin tidak hanya terlihat di atas sajadah atau di didalam masjid, tetapi juga di dalam kehidupan pribadi, keluarga, masyarakat, berbangsa dan bernegara. Jika fibrasi sujud sudah terwujud di dalam berbagai aspek kehidupan, maka berkah dan kemurahan dari Tuhan akan terwujud.(*)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.