Dark/Light Mode

Membangun Peradaban Berbasis Masjid (1)

Dahsyatnya Potensi Masjid (1)

Minggu, 14 Februari 2021 05:00 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
Potensi mesjid bukan hanya dalam bentuk tanah, bangunan, dan kekayaan yang ada di dalamnya, tetapi juga jamaahnya. Para jamaah mesjid itu ber­variasi. Ada pemilik modal, pengang­guran, mahasiswa, sarjana, anak-anak dan ada orang tua. Kalau semuanya disinerjikan, maka mesjid memiliki multi power yang luar biasa.

Baca juga : Memahami Hakekat Masjid (4)

Masjid memiliki power ekonomi karena lokasi masjid berada di tengah perkampungan masyarakat, jamaahnya terdiri atas para pemilik modal, pekerja, dan pemikir. Mesjid juga memiliki power politik, karena masjid seperti negara kecil, karena memiliki imam (pemimpin yang disegani), makmum (rakyat yang loyal dan santun, dan imamah (sistem kemimpinan yang men­gatur antara imam dan makmum).

Baca juga : Memahami Hakekat Masjid (3)

Masjid bisa menjadi basis kekuatan sosialisasi kebijakan pemerintah karena warganya rata-rata tokoh-tokoh terpan­dang di masyarakat. Mimbar masjid sangat ampuh memberikan legitimasi program-program pemerintah, meski bisa juga terbalik, mimbar-mimbar masjid bisa digunakan untuk melakukan agitasi anti pemerintah. (*)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.