Dark/Light Mode

Membangun Peradaban Berbasis Masjid (1)

Dahsyatnya Potensi Masjid (2)

Senin, 15 Februari 2021 05:00 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
Ayat ini sebenarnya mengisyarat­kan fungsi utama masjid sebagai pusat pembentukan umat dan kader yang konstruktif, guna melahirkan masyarakat Islam yang mandiri. Kita berharap, pembinaan masjid, mushalla, langgar, dan surau dari waktu ke waktu tersentuh manajmen modern, sehingga tak sejengkal pun space masjid itu tersia-siakan.

Baca juga : Dahsyatnya Potensi Masjid (1)

Sudah saatnya masjid dan mushalla dikelola secara profesional. Profesionalisme masjid dapat diukur seberapa jauh masjid bisa memberdayakan masyarakat, bukan masyarakat yang memberdayakan masjid.

Baca juga : Memahami Hakekat Masjid (4)

Sudah saatnya masjid juga digunakan untuk memberdayakan ekonomi umat yang jumlahnya secara kuantitas semakin meningkat tetapi tidak ber­banding lurus dengan kualitasnya.

Baca juga : Memahami Hakekat Masjid (3)

Almarhum Gus Dur pernah melukiskan pertumbuhan ekonomi masyarakat Indonesia tidak berbanding lurus dengan populasi penganut agamanya. Umat Islam mayoritas, tetapi bukan mereka yang menguasai dunia perekonomian. Kelompok minoritas agama tertentu malah lebih menguasai perekonomian di masyarakat. Mudah-mudahan masjid dan mushalla bisa meningkatkan pemberdayaan ekonomi umat Islam. (*)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.