Dark/Light Mode

Membangun Peradaban Berbasis Masjid (6)

Fungsi Masjid Nabi (7): Pusat Informasi Publik (1)

Jumat, 5 Maret 2021 05:00 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Pada zaman Nabi, orang yang tidak ke masjid akan kehilangan informasi penting. Berbagai informasi penting dapat di­akses di masjid Nabi. Bukan hanya yang berkaitan dengan ibadah khusus (mah­dhah) tetapi juga uru­san dagang, politik, doplomasi, dan pendidikan. Misalnya, informasi ajaran agama, bisnis, peluang kerja, barang hi­lang, sampai kepada urusan perjodohan.

Baca juga : Fungsi Masjid Nabi (6): Rumah Singgah (2)

Hal ini wajar karena pada masa Nabi, belum ada sound system atau media lain yang bisa menjangkau rumah dan perkampungan penduduk. Satu-satunya cara paling efektif untuk mendapatkan informasi penting ialah di masjid Nabi. Orang yang jarang ke masjid akan ket­inggalan informasi penting.

Baca juga : Fungsi Masjid Nabi (6): Rumah Singgah (1)

Tidak heran jika muncul beberapa riwayat yang menjelaskan, para sa­bahat Nabi sering bertengkar karena memperebutkan saf pertama. Motivasi mereka ke masjid lebih awal ingin mendapatkan informasi penting dari Nabi. Apakah ada ayat baru turun, atau ada instruksi atau pengumuman baru dari Nabi. Mungkin juga ada informasi kedatangan musuh untuk menghancur­kan Islam, atau hadirnya orang-orang munafik untuk mengadudomba umat Islam.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.