Dark/Light Mode

Trend Islam Di AS (1)

Kapan AS Terbentuk

Minggu, 7 April 2019 23:57 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Amerika Serikat (AS) tidak sejak awal seperti sekarang. Bahkan AS baru ada setelah Christopher Columbus berhasil mencapai Amerika pada tahun 1492.

Jauh sebelumnya sudah ada sejumlah negara besar di Eropa, Timur Tengah, dan Asia. Meskipun AS sejarahnya relative baru, tetapi cepat sekali berkembang sampai melampaui perkembangan negara-negara yang pernah menjajahnya.

Baca juga : Memahami Spirit Hijrah Nabi

Sejarah AS sesungguhnya hanyalah sejarah tidak lebih 3 abad lalu, terutama setelah migrasi besar-besaran warga Inggeris, Perancis, Spanyol, Belanda, dan Jerman ke AS.

Sebelum koloni Barat ini datang sesungguhnya Amerika sudah dihuni oleh penduduk yang berasal dari Asia sekitar 15.000 tahun yang lalu. Kota paling awal popular di AS ialah kota Virginia, khususnya kota Jamestown, yang pertama kali dihuni oleh koloni Inggris dalam tahun 1607.

Baca juga : Menggagas Deradikalisasi

Otoritas AS mulai terlihat ketika Inggris menetapkan pajak baru, yang dianggap tidak adil dan inkonstitusional bagi rakyat Amerika karena mereka tidak terwakili di Parlemen, sementara hasil negerinya dikuras.

Protes yang berujung pada perang menuntut kebebasan dan kemerdekaan pada bulan April 1775, yang lebih dikenal dengan Revolusi Amerika. Revolusi AS berujung pada sebuah kemerdekaan dari Kerajaan Britania Raya pada tanggal 4 Juli 1776.

Baca juga : Pelajaran Diplomasi Publik (24) Akhlak Bermusyawarah (1)

Peran tokoh legendaris Jenderal George Washington tak dapat dilupakan. Karena kegigihannya maka perdamaian disepakati pada tahun 1783. Sebanyak 13 negara bersatu di bawah pemerintah federal yang ditetapkan melalui Pasal-Pasal Konfederasi.

Pemerintahan dengan konstitusi baru yang ditetapkan pada tahun 1789 sekaligus menjadi dasar bagi pemerintah federal Amerika Serikat dan George Washington sendiri sebagai Presiden pertama. AS terus berkembang.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.