Dark/Light Mode

Teror Bom Di Makassar

Senin, 29 Maret 2021 06:30 WIB
DR Ki Rohmad Hadiwijoyo
DR Ki Rohmad Hadiwijoyo
Dalang Wayang Politik

 Sebelumnya 
Kencaka rupa dan Rupa Kenca adalah saudara kembar yang masih ada hubungan kekerabatan dengan Prabu Matswapati. Namun Kencaka Rupa selalu berseberangan dengan pemerintahan Matswapati. Berbagai cara dilakukan kedua politisi ini untuk menumbangkan kekuasaan Wirata. Mulai dari menebar teror sampai dengan tantangan terbuka “adu jago” manusia. Bukan itu saja, Kencaka Rupa menjalin kekuatan asing dengan Prabu Susarma dari Trigarta dan Duryudana dari Hastina.

Baca juga : Perpanjangan Jabatan Abiyasa

Perilaku onar dan teror yang dilakukan kaki tangan Kencaka Rupa tercium oleh para satria Pandawa yang sedang menyamar di kerajaan Wirata. Musuh-musuh Wirata mengganggu stabilitas keamanan satu per satu dihabisi oleh Jagal Bilawa. Jagal Bilawa adalah nama samaran Bima selama bersembunyi di Wirata. Puncaknya adalah saat para Kurawa dan Trigarta membantu Kencaka Rupa menyerang Wirata. Jagal Bilawa berhasil menumpas pasukan Trigarta yang dipimpin langsung oleh Prabu Susarma. Sedangkan pasukan Kurawa yang dipimpin Duryudana kocar-kacir oleh serangan balik pasukan panah Wrahatnala atau Harjuna. Sedangkan Kencaka Rupa tewas di tangan Jagal Bilawa.

Baca juga : Ghosting Menerpa Banowati

“Kencaka Rupa tidak gentlemen bikin onar Wirata, Mo,” sela Petruk membuyarkan lamunan Romo Semar. “Benar, Tole. Yang namanya teroris selalu main belakang,” jawab Romo Semar. “Tujuan utama teroris adalah senang melihat pemerintahan gagal dalam menjalankan fungsinya. Apalagi saat menghadapi pandemi seperti sekarang ini. Fungsi dan kepercayaan masyarakat harus tetap dijaga. Hal ini penting untuk menciptakan ketenangan politik. Ketenangan politik diperlukan sebagai tolok ukur berhasil tidaknya mengedalikan pandemi,” papar Romo Semar. Oye

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.