Dark/Light Mode

Trend Islam di AS (8)

In God We Trust

Selasa, 16 April 2019 10:31 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Pernahkah memegang atau melihat mata uang Dollar AS? Di salah satu halamannya terdapat sebuah tulisan In God We Trust” yang bisa dimaknai dengan ”dengan Tuhan kami percaya”. Jika dipadankan dengan ajaran Islam kalimat itu mirip dengan simbol ”Bismillah Al-Rahman Al-Rahim” (Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang”. 

Saya kira mata uang dunia paling religius di lihat dari segi ini ialah mata uang Dollar AS. Saya belum pernah menulis mata uang lain melibatkan nama Tuhan di dalam mata uang. Walau di negara-negara muslim sekalipun. 

Baca juga : Keagamaan Migran Muslim Indonesia Di AS

Apa arti In God We Trust? Banyak makna dari kalimat ini, tergantung dari perspektif mana kita melihatnya. Kalangan pendeta dan pastor tentu menganggap itu sebagai bukti AS tidak bisa dikatakan negara sekuler yang tidak mengenal agama. 

Justru mata uang, sebuah lembaran paling sering digenggam seluruh rakyat AS adalah mata uang yang di dalamnya selalu ada peringatan bahwa perjalanan hidup ini tidak bisa dipisahkan dengan direction Tuhan. Ke manapun, di manapun, dan kapan pun hidup ini selalu harus berada di dalam bimbingan Tuhan. 

Baca juga : Mengapa Umat Islam Tertarik Tinggal Di AS?

Uang sebagai kekuatan yang dapat mengadakan sesuatu yang tidak ada, menjatuhkan yang tegar, menegarkan yang loyo, menghancurkan yang sudah mapan dan membangun kembali sesuatu yang sudah hancur. Uang juga bisa mengorbitkan sekaligus menjatuhkan martabat seseorang. 

Pokoknya dengan uang seseorang bisa masuk syurga dan sekaligus bisa memasukkan ke dalam neraka. Di dalam mata uang AS terdapat peringatan penting, In God We Trust, artinya kita harus percaya kepada Tuhan dalam berbagai aspek kehidupan. 
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.