Dark/Light Mode

Memperkenalkan Moderasi Islam Indonesia Di Luar Negeri (20)

Masjid Al Thohir: Simbol Komunitas Muslim Indonesia Di Los Angeles

Jumat, 29 Maret 2019 05:57 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Komunitas muslim Indonesia di Los Angeles seperti tidak pernah membayangkan akan mempunyai masjid sekaligus Islamic Center di tengah kota LA.

Akan tetapi mimpi itu menjadi kenyataan dengan hadirnya sebuah masjid megah di tengah komunitas mereka. Bahkan masjid itu tidak terlalu jauh dari Wisma Indonesia yang di tempat Konjen Indonesia di LA.

Pengurus masjid itu menceritakan asal usur kehadiran masjid itu. Semula adalah sebuah bangunan gereja milik perorangan dan sampai sekarang masih tampak gereja dengan tanda salib di puncak Menara.

Baca juga : Respon Masyarakat Amerika Serikat Terhadap Peristiwa New Zealand

Hanya saja di dalamnya sudah aktif dipakai shalat berjamaah. Belum disentuh perubahan apapun karena sedang menunggu izin pengalihan fungsi dari gereja menjadi masjid.

Donatur utama masjid itu ialah seorang pengusaha muda terkenal dari Indonesia. Malang melintang pengusaha muda ini bukan hanya dikenal di dalam negeri tetapi juga disejumlah negara, terutama karena perestasinya ikut terlibat sebagai pemilik grup Sepak Bola terkemuka di Eropa.

Komunitas muslim di LA tentu juga mempunyai andil namun secara signifikan ditentukan lebih banyak oleh sang pengusaha muda itu.

Baca juga : Islam Dan Hollywood (2)

Semenjak masjid ini hadir, komunitas muslim Indonesia yang jumlahnya ribuan di LA menjadi semakin solid dan mudah diorganisir. Generasi muda kelahiran AS juga ikut memanfaatkan masjid ini dengan melakukan berbagai kegiatan.

Kebetulan di depan masjid itu ada public parking dan lapangan olehraga yang amat luas menambah daya Tarik masjid ini.

Di samping masjid berdiri tegak sebuah bangunan berlantai 2 dengan beberapa kamar, yang selama ini digunakan utuk rapat dan perumhan imam dan penceramah yang dating dari luar kota.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.