Dark/Light Mode

Islam Dan Sexual Education (2)

Filosofi Sexual Education (1)

Sabtu, 22 Mei 2021 05:00 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Dalam artikel terdahulu dijelas­kan bahwa kehidu­pan seksual dalam Islam dan kelom­pok agama Samawi lainnya (Yahudi dan Nashrani) mengang­gap kehidupan sek­sual sebagai sesuatu yang mulia, suci, dan sakral. Secara spiritual, hubungan seksual ketiga agama ini digambarkan sebagai peniruan peran Tuhan sebagai Pencipta (sexual relationship can imi­tate God role as a Creator).

Baca juga : Teologi Seksual (2)

Reproduksi menurut pandangan teologi melibatkan tiga pihak, bapak, ibu, dan Tuhan.

Baca juga : Teologi Seksual (1)

Sa’id Ibn Musayyab meriwayatkan sebuah hadis Nabi: "Ke­tika seorang suami berniat mendatangi isterinya, Tuhan mencatat untuknya 20 kebaikan dan menghapuskan 20 perbua­tan buruknya. Ketika ia meraih tangan isterinya, Tuhan mencatat untuknya 40 kebaikan dan menghapuskan 40 per­buatan buruknya. Ketika ia mencium isterinya, Tuhan mencatat untuknya 60 kebaikan dan mengahapuskan 60 perbuatan buruknya. Ketika menggauli isterinya, Tuhan mencatat untuknya 120 kebaikan. Ketika ia beranjak member­sihkan diri, Tuhan membanggakannya terhadap para malaikat dan berfir­man: Lihatlah hamba-Ku. Dia berdiri di tengah malam yang dingin untuk membersihkan dirinya dari kotoran (janabah) untuk mendapatkan perkenan dari Tuhannya. Jadilah saksi-Ku bahwa Aku telah mengampuninya”.

Baca juga : Etika Silaturrahim Lintas Agama (2)

Satu hadis diriwayatkan Bukhari dari Abdullah ibn Amr, menceritakan ihwal salah seorang sahabat yang berpuasa di siang hari dan beribadah penuh di malam hari, dengan harapan untuk memperoleh kedudukan lebih mulia di mata Tuhan, lalu Nabi memberikan tanggapan: "Jangan lakukan seperti itu! "Berpuasa dan berbukalah, bangun dan tidurlah karena sesunguhnya pada jasadmu ada haknya, dan isterimu juga ada haknya".

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.