Dark/Light Mode

Islam Dan Sexual Education (10)

Menstruasi Dan Mitos Seksualitas (2)

Jumat, 11 Juni 2021 06:00 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Menstruasi lebih dikenal dengan haidl, berasal dari kata hadla-hadlan, berarti keluarnya darah da­lam waktu dan jenis tertentu.

Berita Terkait : Menstruasi Dan Mitos Seksualitas (3)

Dalam Al-Quran hanya disebutkan empat kali dalam dua ayat. Sekali dalam bentuk fi’il mudlari’/present and fu­ture times (yahidl) dan tiga kali dalam bentuk isim mashdar/verbal noun (al-mahidl).

Berita Terkait : Menstruasi Dan Mitos Seksualitas (1)

Dari segi penamaan saja, kata haidl su­dah lepas dari konotasi teologi yang ber­bau mitos. Masalah haidl dijelaskan da­lam QS Al- Baqarah ayat/2:222: ”Mereka bertanya kepadamu (Muhammad) tentang haidh. Katakanlah: “Haidh itu adalah ‘kotoran’”, karena itu hen­daklah kalian menjauhkan diri dari wanita di waktu haidl; dan janganlah kalian mendekati mereka sebelum mereka suci. Apabila mereka telah suci, maka campurilah mereka di tempat yang diperintahkan Allah kepadamu. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang taubat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri)”. urunnya ayat ini dijelaskan dalam hadis riwayat Imam Ahmad dari Anas, bahwa bilamana perempuan Yahudi se­dang haid, masakannya tidak dimakan dan tidak boleh berkumpul bersama keluarga di rumahnya.
 Selanjutnya