Dark/Light Mode

Peran Politik Santri Dalam Lintasan Sejarah (2)

Lingkungan Pacu Santri (3)

Senin, 2 Agustus 2021 06:00 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
Saat itu, pondok pesantren mengalami dinamika di seluruh pelosok tanah air, di mana pesantren mempunyai peranan yang sangat penting dalam usaha mempertahankan eksistensi umat Islam dari serangan dan penindasan fisik dan mental kaum penjajah beberapa abad lamanya.

Baca juga : Lingkungan Pacu Santri (1)

Pesantren yang mulanya berlangsung sederhana, ternyata cukup berperan dan banyak mewarnai perjalanan sejarah pendidikan Islam di Indonesia, serta banyak melahirkan tokoh-tokoh terkenal, di antaranya sebagaimana disebutkan di atas.

Baca juga : Entitas Santri (2)

Pesantren sebagai salah satu media perjuangan kemerdekaan Indonesia, telah berperan menentang penetrasi kolonialisme dan penindasan, yang berlanjut sampai sesudah kemerdekaan. Akibat peran ini, pesantren sebagai subkultur dan subsistem pendidikan kurang dikenal secara nasional. (*)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.