Dark/Light Mode

Peran Politik Santri Dalam Lintasan Sejarah (4)

Peran Politik Santri Pasca Kemerdekaan (Orde Baru) (1)

Senin, 9 Agustus 2021 06:00 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Pada awal pemerintahan Orde Baru berkuasa pada 1966, disambut gembira oleh pemimpin-pemimpin umat Islam, khususnya bekas pemimpin Masyumi. Sebab, bersamaan dengan munculnya Orde Baru terkandung harapan besar kemungkinan kembalinya umat Islam dalam panggung politik nasional.

Baca juga : Peran Politik Santri Pra Kemerdekaan (2)

Harapan tersebut, oleh hampir semua kalangan Islam dipandang sebagai momentum baru dalam mereaktifkan peranan umat Islam, khususnya dalam kancah politik. Sehingga tidak mengherankan bila sejak awal perkembangannya, dukungan paling kuat terhadap Orde Baru adalah umat Islam.

Baca juga : Peran Politik Santri Pra Kemerdekaan (1)

Tidak seorang pun yang dapat menafikan, bahwa umat Islam memainkan peranan yang sangat besar dalam menghancurkan kekuatan Komunis di Indonesia dan sebagai salah satu komponen penegak Orde Lama yang sangat utama.

Baca juga : Peran Politik Santri Pra Kemerdekaan (1)

Karena itu, pada permulaan lahirnya Orde Baru, harapan umat Islam untuk melakukan kegiatan politik yang dilandasi oleh demokrasi tentu saja sangat tinggi.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.