Dark/Light Mode

Mencampuri Problem Internal Agama Lain (2)

Rabu, 22 September 2021 06:30 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
Penulis masih ingat almarhum Gusdur yang sering diminta menyelesaikan berbagai konflik internal yang terjadi di dalam agama lain di luar agama Islam yang dianut Gusdur, dan hasilnya selesai secara memuaskan para pihak. Demikian pula, sejumlah persoalan dalam lingkungan umat Islam diselesaikan oleh seorang tokoh non-muslim di suatu daerah, terutama di daerah dimana komunitas muslam minoritas di wilayah tersebut.

Baca juga : Mencampuri Problem Internal Agama Lain (1)

Jika seseorang dari kelompok agama lain dengan sengaja berkontribusi terhadap perpecahan penganut agama atau aliran tertentu, entah caranya sep­erti apa, maka itu dapat dikategorikan Religious-Hate Speech (RHS) karena ikut “memanas-manasi” ketegangan in­ternal.

Baca juga : Tuduhan Bid`ah (2)

Sebaiknya semua pihak menahan diri untuk tidak gampang memberikan komentar terhadap problem internal keagamaan di luar agama yang dianut­nya, sebab itu bisa menimbulkan persoalan baru. Mungkin persoalan internal­nya sudah selesai tetapi pernyataan sang pengamat belum selelsai karena diang­gap memiliki kepentingan lain.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.