Dark/Light Mode

Demaskulinisasi Wajah Agama (1)

Senin, 8 November 2021 06:40 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
Segala sesuatu selain Tuhan diciptakan berpasang-pasangan (zaujain). Bukan hanya makhluk biologis seperti manusia, binatang, dan tumbuh-tumbuhan, yang berpasang-pasangan, tetapi juga makhluk-makhluk makrokosmos lainnya, seperti siang dengan malam, bulan dengan bintang, langit dengan bumi, dingin dengan panas, dunia dengan akhirat, surga dengan neraka, alam gaib dengan alam nyata, dan lain sebagainya.

Baca juga : Batas Patuh Pada Pemimpin

Uniknya, pasangan-pasangan makrokosmos ini mempunyai jumlah penyebutan yang sama di dalam Al-Qur’an, meskipun masa turunnya Al-Qur’an berlangsung sekitar 23 tahun.

Baca juga : Apa Itu Guluw? (2)

Di balik konsep berpasang-pasangan (azwaj) ini, ada dua kualitas yang bekerja secara aktif dan mekanik, yaitu kualitas kejantanan dan ketegaran (masculinnity/struggeling) dan kualitas kelembutan dan kepengasihan (femininity/nurturing).

Baca juga : Apa Itu Guluw? (1)

Unsur maskulin dan feminin tidak hanya menghiasi segenap makhluk-Nya, tetapi juga menghiasi sifat-sifat Tuhan. Dalam Islam, lihatlah misalnya sifat-sifat-Nya yang terhimpun di dalam nama-nama indah-Nya (al-asma’ al-husna), bukankah sifat-sifat itu juga terdiri atas dua kualitas, yaitu kualitas maskulin (jalaliyyah) dan kualitas feminin (jamaliyyah). [BERSAMBUNG]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.