Dark/Light Mode

Energi Di Dalam Sinergi (1)

Sabtu, 13 November 2021 06:28 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
Sebaliknya, siapapun yang datang terlambat, baginya shaf terakhir, sungguhpun ia seorang pejabat atau tokoh masyarakat. Tentu saja pengecualian terjadi di saat wabah pandemi melanda dunia dua tahun terakhir ini. Semoga dengan berkah kegiatan berjamaah kita bisa terbebas dari malapetaka kemanusiaan Covid-19.

Baca juga : Demaskulinisasi Wajah Agama (5)

Khusus untuk shalat berjamaah, memiliki system tersendiri. Shalat berjamaah harus dipimpin orang yang paling credible untuk menjadi pemimpin (imam). Suaranya yang lembut menembus batin, hafalan ayat-ayatnya tidak diragukan, gerakannya terkesan santun, kepribadiannya penuh dengan muru’ah (santun), pakaiannya rapi dan bersih, dan tidak terkesan berlebih-lebihan.

Baca juga : Demaskulinisasi Wajah Agama (4)

Seorang imam mesti berwibawa dan harus diikuti semua pihak yang bermakmun di belakangnya. Para makmun tidak boleh mendahului imam. Makmum yang mendahului imam sangat dicerca oleh Rasulullah dalam berbagai hadisnya. Makmun yang mendahului imam diilustrasikan sebagai orang berkepala khimar. [Bersambung]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.