Dark/Light Mode

Pidato Agus Yudhoyono Diklaim Pro 01, 02 Tidak Terima

RAJA JULI ANTONI : Demokrat Jelas Sekali Dukung Jokowi-Ma’ruf

Selasa, 5 Maret 2019 13:58 WIB
Pidato Agus Yudhoyono Diklaim Pro 01, 02 Tidak Terima RAJA JULI ANTONI : Demokrat Jelas Sekali Dukung Jokowi-Ma’ruf

 Sebelumnya 
Contohnya? 
Seperti pak Soekarwo kemarin, Jawa Timur itu mendukung Pak Jokowi. Demokrat mau survive di Jawa Timur, ya harus mendukung Pak Jokowi. Menurut saya, ini adalah fenomena politik yang wajar ya. Realisme politik yang masih masuk akal. 

Maksudnya? 
Sepertinya tidak ada pilihan lain bagi Demokrat untuk mengurus rumah tangga sendiri, tidak perlu capai-capai mendukung Pak Prabowo, toh hasilnya juga kalah. 

Baca juga : DAHNIL ANZAR SIMANJUNTAK : Iramanya Sama Dengan Prabowo Dan Sandiaga

Apakah piihak Anda mengantongi pernyataan Partai Demokrat mendukung Jokowi-Ma’ruf, meskipun tidak terbuka ke publik? 
Secara formal belum ada, tetapi sebagai panglima perang timur istilahnya, atau pemenang di Jawa Timur itu kan ada Pakde Karwo, itu kan sama realitas politik pilpres dengan pileg ya. Itu kan implikasinya kemana. Misalnya saja Jawa Timur itu lebih ke Pak Jokowi, ya artinya ya Jokowi. 

Apakah Anda melihat bahwa AHY ini tidak diberi panggung politik di 02? 
Ya, hampir tidak ada. Kan AHY berpotensi menjadi cawapres di situ, tetapi karena ada isu kardus, itu kan menjadi ramai. Akhirnya AHY tersingkir dari kursi cawapres, mungkin ini menyakitkan untuk Demokrat. 

Baca juga : RAJA JULI ANTONI : Ini Bukan Soal Jokowi Salah Data

Ini menjadi pertarungan internal, seharusnya berjalan dengan baik justru ada isu jenderal kardus. Jadi, negosiasinya bukan pada kualitas orang, namun kepada isu kardus. Menurut saya, ini sangat menyakitkan. Namun sekali lagi, ini realistas politik dan sesuatu yang masuk akal. 

BPN tak ada masalah AHY tidak menyebutkan nama Prabowo, karena sejak awal Demokrat sudah mendukung Prabowo-Sandiaga Uno... 
Memang secara legalnya ke sana ya. Tetapi dilihat dari fakta-fakta politik, gestur politik, malah sebaliknya. Secara formal silakan diambil BPN, tetapi fakta lapangannya milik TKN. 

Baca juga : PBB Semakin Terbuka Dukung Jokowi-Ma’ruf

Berarti TKN terbuka jika Demokrat gabung koalisi Jokowi- Ma’ruf? 
Belum ada obrolan ke sana ya. Itu nanti haknya Pak Jokowi untuk melakukan langkah politik tingkat tinggi. Yang pasti, semua partai di TKN plus Demokrat, saya harap semua bekerja untuk Pak Jokowi, secara implisit maupun eksplisit. [NNM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.