Dark/Light Mode

Bankir Banting Setir Jadi Chef, Sukses Sabet Michelin Star

Kamis, 17 Februari 2022 17:59 WIB
Chef Ton Thitied Tassanakajohn (Foto homeisallabout)
Chef Ton Thitied Tassanakajohn (Foto homeisallabout)

 Sebelumnya 
Dengan kemampuannya itu, Ton menerapkan teknik Prancis itu pada produk pangan Thailand. Yaitu, dia meyakini prinsip pentingnya menghormati bahan makanan. Tidak hanya menggunakannya jadi hiasan saja.

"Misalnya saja bunga-bungaan yang bisa dimakan sebagai garnish. Mereka selain cantik di mata, tapi juga enak di lidah," ujarnya.

Usaha keduanya, Nusara, dibuka pada 2020. Dinamai sesuai nama neneknya, yang merawat Ton dan saudara-saudaranya saat kecil. Restoran ini menyajikan 12 menu masakan Thailand modern.

Baca juga : Ganda Putra Korsel Jalani Wajib Militer

Masakan kreasinya ini terinspirasi dari masakan neneknya, termasuk menu khas Thailand-China yang disebut Spicy Khai Palo Five Spice Eggs. Itulah hidangan pertama yang dipelajari Ton. Dia kemudian menambahkan bumbu, cabai dan rempah-rempah tom yum ke hidangan aslinya untuk menciptakan versi yang lebih pedas.

“Orang-orang menyukainya. Saya sangat senang bahwa ini terinspirasi dari nenek. Sekarang setiap kali saya memasak hidangan itu, saya ingat belaiu," kata Ton.

Adik laki-laki Ton, Chaisiri “Tam” Tassanakajohn bergabung dengannya dalam bisnis ini setelah pembukaan restoran keempatnya, Baan. Restoran itu menyajikan masakan rumahan khas Thailand. Tam sekarang mengelola enam dari tujuh restoran Ton.

Baca juga : Nggak Betah Di Chelsea, Lukaku Ngarep Balik Ke Inter Milan

“Setelah kami membuka Baan, itu terasa seperti di rumah sendiri, itu menyatukan kami. Kami tahu peran kami dan tahu apa yang ingin kami lakukan," ujar Tam.

Ton tidak memiliki aturan dalam hal membuat hidangan di restorannya. “Sesuatu hanya klik dari kenangan masa kecil saya, ketika saya berjalan di jalanan, ketika saya mencicipi hidangan," ujar Ton.

Filosofi ini terus dipakainya dalam memperjuangkan semangat kulinernya. "Produk kuliner Thailand telah menjadi bagian besar dari industri restoran di Thailand dan saya sangat bangga bahwa saya dapat berperan dalam membuat perubahan ini," pungkasnya. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.