Dark/Light Mode

Mau Dapat Produk Kesehatan Yang Aman Dan Efektif? Perhatikan 6 Hal Ini

Senin, 14 Maret 2022 16:06 WIB
Ilustrasi Suplemen. (Ist)
Ilustrasi Suplemen. (Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pandemi Covid-19 berdampak pada peningkatan bisnis produk kesehatan di tengah masyarakat. Banyak produk kesehatan yang mengklaim mampu meningkatkan daya tahan tubuh dari virus atau penyakit. Tapi, masyarakat jangan sembarangan membeli produk kesehatan.

Head of Marketing and Communication Amway Indonesia Dharmaparayana Sthirabudi menganjurkan masyarakat untuk memperhatikan keamanan produk suplemen yang akan dibelinya.

"Konsumen yang cerdas dan kritis dalam memperhatikan kualitas telah mendorong pelaku industri kesehatan untuk terbuka dan memastikan produk mereka aman dan efektif," ujarnya dalam keterangan persnya, dikutip Senin (14/3).

Untuk mendapatkan produk kesehatan yang aman dan efektif, ada enam hal yang bisa dilakukan konsumen:

1. Cermati kemasannya

Baca juga : PKS Ngarep Badan Otorita Perhatikan Warga Lokal

Kemasan sejatinya berfungsi untuk melindungi produk dari kontaminasi. Obat-obatan atau vitamin dan suplemen yang baik memiliki kualitas kemasan yang baik dan kuat, serta tidak mudah rusak. 

2. Cek komposisinya

Konsumen bisa mencermati komposisi yang biasanya tertera pada label di kemasan. Sebaiknya sebelum memilih suatu produk, konsumen kenali dulu kebutuhan tubuhnya masing-masing. Sehingga dapat memilih produk dengan komposisi yang paling tepat.

3. Periksa tanggal kedaluwarsa

Cara ini tentunya bukan hanya penting dilakukan ketika memeriksa kualitas produk vitamin dan suplemen. Melainkan produk apapun yang akan masuk ke tubuh.

Baca juga : Syarat Biar Lebaran Pada Bisa Mudik Nih

4. Pastikan kealamian bahan bakunya

Produk kesehatan terbaik tentunya adalah yang menggunakan bahan alami. Serta diproduksi dengan metode yang tidak beresiko mengurangi kadar nutrisi alami dari bahan baku tersebut.

5. Periksa izin edar Indonesia memiliki Badan Pengawas Obat-obatan dan Makanan (BPOM) yang bertugas untuk memastikan produk makanan dan kesehatan atau obat itu asli. Semua produk makanan dan kesehatan harus terdaftar dan memiliki izin edar dari BPOM, tak terkecuali vitamin dan suplemen.

6. Kenali perusahaan produsen dan telusuri proses pembuatannya

Terakhir, penting sekali bagi konsumen untuk memilih produk obat, vitamin, suplemen kesehatan yang #AsalnyaJelas. Bukan hanya perusahaannya yang jelas, melainkan juga bahan baku dan proses produksinya.

Baca juga : Airlangga Pompa Daya Beli Masyarakat Miskin

Dalam hal ini, konsumen bisa mencari tahu kredibilitas perusahaan, proses manufaktur, tanggung jawab perusahan, serta testimoni dari konsumen lainnya.

Produsen produk kesehatan yang sangat mementingkan kualitas. Banyak perusahaan yang sudah membuka akses bagi konsumen untuk secara langsung memeriksa asal dari bahan baku produk yang mereka konsumsi. Fitur yang sering disebut traceability ini kini semakin marak di pasaran.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.