Dark/Light Mode

Konsisten Gelar Webinar Literasi Digital, Kemenkominfo Jangkau Maluku Dan Papua

Kamis, 11 Agustus 2022 21:32 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) kembali menyelenggarakan webinar literasi dengan tema "Tips Digital: Pemasaran Di Sosial Media".

Kegiatan ini merupakan rangkaian program Indonesia Makin Cakap Digital yang dilincurkan Kominfo pada tahun 2021. Tujuannya, mendorong percepatan adaptasi dan meningkatkan kompetensi masyarakat dalam menggunakan aplikasi digital.

"Kemenkominfo secara konsisten akan terus menjalankan kegiatan literasi digital," ujar Menteri Kominfo Johnny G. Plate dalam keterangan tertulis, Kamis (11/8).

Baca juga : Kemenkominfo Dan Kemendagri Gelar Literasi Digital Bagi ASN Jateng

Kali ini webinar diselenggarakan untuk komunitas di wilayah Maluku, Papua dan sekitarnya. Webinar tersebut dihadiri lebih dari 1.200 orang dari berbagai kelompok masyarakat dan komunitas.

Mulai dari Rizki Ardi Nugroho; CEO & Co-Founder Paberik Soeara Rakjat, Pradipta Nugrahanto; Kepala Program Studi Manajemen Pemasaran Politeknik APP Jakarta dan Praktisi Literasi Digital serta Aji Kresno, sebagai narasumber.

Dalam webinar tersebut, Rizki Ardi Nugroho membahas tips pemasaran di sosial media ditinjau dari perspektif cakap digital.

Baca juga : Kemenkominfo Dan Kemendagri Gelar Literasi Digital Di Jatim

Menurutnya, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan jika ingin cakap dalam melakukan pemasaran di dunia digital.

“Pertama, pahami karakteristik sosial media platform yang digunakan. Kedua, ketahui goals melakukan pemasaran melalui sosial media agar kampanye pemasaran dapat berjalan efektif. Ketiga, create and communicate your business value to the customer,” papar Rizki Ardi Nugroho.

Sementara Pradipta Nugrahanto memperkaya pembahasan mengenai tips pemasaran di sosial media ditinjau dari perspektif etika digital.

Baca juga : Banyak Pelanggaran UU ITE, Peningkatan Literasi Digital Dinilai Mendesak

Dia menjelaskan, dalam prakteknya pemasaran melalui media sosial adalah sebuah aktivitas membagikan sebuah informasi produk atau jasa yang menarik kepada target audience agar mereka aware, tertarik, hingga nantinya membeli produk atau jasa tersebut.

Dalam membuat dan membagikan informasi tersebut, kata Pradipta, ada tata kramanya. Pertama, selalu cantumkan sumber jika mengutip dari orang lain.

"Kedua, kita harus sadar bahwa informasi yang kita bagikan tidak mencederai entitas ataupun individu lainnya. Terakhir, selalu hargai hak dan privasi konsumen,” jelas Pradipta Nugrahanto.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.