Dark/Light Mode

4 Tips Sederhana Mengatur Keuangan Biar Tetap Sehat

Minggu, 6 November 2022 13:55 WIB
Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Memulai menjaga kondisi keuangan tetap sehat, kita tidak perlu memikirkan suatu hal yang besar. Bisa, kok, dimulai dari hal yang kecil dulu untuk membiasakan diri, baru melakukan hal yang lebih besar lagi.

Tanpa disadari, ada banyak hal-hal sederhana yang jika dilakukan, bisa membawa dampak yang besar pada kehidupan kita, lho. Besaran pendapatan kamu tidak akan bisa menjamin kecukupan semua kebutuhan dan kebahagiaan kita ataupun keluarga.

Semua itu akan sangat bergantung pada bagaimana kita mengatur keuangan dan ekspektasi kita sendiri. Oleh karena itu, kemampuan mengelola keuangan perlu dipelajari dan diimplementasikan bagi setiap orang dalam kehidupannya guna membantu memenuhi kebutuhan saat ini dan masa depan.

Baca juga : Ini 3 Jenis Gerhana Bulan, Aman Dilihat Dengan Mata Telanjang

Yuk, mulai biasakan diri mengapresiasi hal kecil yang ada di sekitar. Berikut adalah empat hal kecil yang ternyata bisa membawa dampak besar pada keuanganmu:

1. Alokasikan tabungan menjadi beberapa kategori kebutuhan Kebalikan dari pemasukan, komponen pengeluaran bulanan merupakan pos-pos yang harus dipenuhi dengan uang pemasukan kamu.

Kamu bisa mencoba beberapa metode, seperti metode 50/30/20, 60/20/20, atau sesederhana membagi berdasarkan kebutuhan primer, sekunder, dan wajib. Untuk kamu yang masih awam dan baru ingin memulai, kamu bisa mencoba metode pengeluaran berdasarkan strata kebutuhannya.

Baca juga : Ini Tata Cara Shalat Gerhana Bulan, Menurut Kementerian Agama

Kebutuhan primer adalah hal-hal pokok yang tidak bisa dieliminasi, seperti pangan, transportasi, dan sebagainya. Sedangkan sekunder adalah yang sifatnya adalah ‘kebutuhan’, seperti hiburan, perawatan tubuh, dan lain-lain.

Selain itu, jangan lupa juga untuk mengalokasikan cicilan dan kewajiban bulanan lainnya, seperti cicilan rumah, kendaraan, asuransi, dan sebagainya.

Setelah membuat kategori pengeluaran, jangan lupa untuk mengevaluasinya di tiap periode akhir bulan. Dengan begitu, kamu bisa mengetahui kategori mana yang masih on track dan tidak.

Baca juga : KPK Yakin Ary Ginanjar Mampu Bangkitkan Nilai Spiritual Pejabat

2. Periksa saldo secara rutin Saat ini, berbagai instansi perbankan telah menyediakan layanan internet banking yang dapat diakses dengan mudah, di mana pun dan kapan pun.

Jadi, kamu bisa memeriksa transaksi terakhir dan saldo rekeningmu saat ini dengan praktis. Cobalah untuk tidak menutup mata dengan besaran transaksi harian kita dan jadikan aktivitas memeriksa saldo sebagai rutinitas harian layaknya kamu mengakses akun media sosial.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.