Dark/Light Mode

4 Tips Sederhana Mengatur Keuangan Biar Tetap Sehat

Minggu, 6 November 2022 13:55 WIB
Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

 Sebelumnya 
Dengan cara sederhana ini, kamu jadi lebih terbuka dengan kondisi keuangan sendiri sehingga bisa lebih mudah membuat keputusan yang tepat seputar pengeluaran harian.

Kamu juga bisa dengan mudah menentukan prioritas pengeluaran bila secara pasti mengetahui kondisi keuangan terkini. Hal ini juga memungkinkan kamu untuk segera mengetahui bila ada transaksi yang mencurigakan.

3. Manfaatkan promo semaksimal mungkin Siapa yang tidak suka promo? Hampir semua orang merasa sangat terbantu dengan promo.

Namun, tidak sedikit juga yang malas mencari atau mengulik promo-promo yang ada. Padahal, promo sangat membantu kita untuk memangkas pengeluaran dengan efektif. Biasanya, promo akan lebih besar di beberapa periode, seperti awal tahun, akhir tahun, dan juga di tanggal kembar.

Baca juga : Ini 3 Jenis Gerhana Bulan, Aman Dilihat Dengan Mata Telanjang

Salah satunya adalah promo tanggal kembar dari ShopeePay, yaitu 11.11 ShopeePay Big Deals yang berlangsung hingga tanggal 13 November 2022.

Manfaatkan periode ini untuk penuhi berbagai kebutuhanmu dengan keuntungan yang lebih besar, yaitu Voucher ShopeePay Rp11 di merchant-merchant favorit seperti Es Teler 77, TEGUK, Kokumi, Hop Hop, Sour Sally, dan masih banyak lagi.

Tidak hanya itu, untuk kamu yang sering transfer sana-sini, kamu juga bisa memanfaatkan promo Transfer Gratis ke mana pun dan raih kesempatan memenangkan bonus s/d 11 juta.

Semakin meriah, kamu juga bisa memenuhi berbagai kebutuhan harian di Shopee dan nikmati rangkaian promo spesial dalam kampanye 11.11 Big Sale yang berlangsung hingga 11 November, antara lain Gratis Ongkir RP 0, Flash Sale Serba Seribu, hingga Murah Lebay Ekstra Diskon s/d 50RB.

Baca juga : Ini Tata Cara Shalat Gerhana Bulan, Menurut Kementerian Agama

4. Bersih-bersih daftar pengeluaran Ada baiknya kamu memulai evaluasi pengeluaran di tiap periode tertentu, bisa di akhir bulan, pertengahan, atau awal bulan.

Hal ini bisa membantu kamu melacak pos-pos pengeluaran yang ternyata tidak diperlukan atau dapat dikurangi nominalnya. Misalnya, pengeluaran layanan berlangganan yang sudah tidak dipakai secara rutin.

Siapa tau ada layanan-layanan yang ternyata sudah tidak kamu gunakan lagi secara rutin. Jadi, budget langganan tersebut dapat kamu alihkan untuk kebutuhan lain atau bahkan kamu tabung.

Begitu pula dengan pos pengeluaran lainnya, seperti makan, transportasi, hiburan, dan lain-lain. Lakukan evaluasi secara rutin untuk melihat apakah pos budget tersebut masih dalam batas wajar, ada peningkatan atau penurunan di tiap bulannya, dan sebagainya.

Baca juga : KPK Yakin Ary Ginanjar Mampu Bangkitkan Nilai Spiritual Pejabat

Dengan begitu, kamu memiliki kontrol penuh terhadap pengeluaranmu. Itulah empat hal sederhana yang bisa kamu lakukan agar keuanganmu tetap sehat. Tidak perlu muluk-muluk untuk melakukan strategi keuangan yang mutakhir, mulailah dari aksi kecil terlebih dahulu untuk membiasakan diri.

Selain sederet promo di atas, kamu juga bisa menikmati Voucher Diskon SPayLater s/d 200 ribu. Jadi, jangan lupa nikmati beragam promo menguntungkan di 11.11 ShopeePay Big Deals hingga tanggal 13 November. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.