Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Liburan Akhir Tahun, Jadi Momen Kualitas Bersama Anak

Minggu, 13 November 2022 13:20 WIB
Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Musim liburan akhir tahun segera tiba, dan saatnya memanfaatkan waktu untuk berkumpul dengan keluarga, termasuk meluangkan waktu bermain bersama anak lebih banyak.

Psikolog Marcelina Melisa mengatakan pasalnya penting bagi orang tua membangun waktu berkualitas dengan anak, seperti momen liburan akhir tahun.

"Yang mana anak-anak akan menghabiskan banyak waktunya di rumah selain sekolah atau kesibukkan lainnya. Waktu yang berkualitas saat digunakan bersama anak, dapat menghasilkan ikatan atau bonding lebih erat, meski ini sudah kita bangun sejak anak lahir," jelas Marcelina dalam 50 Ide Hadiah Mainan Anak bersama Early Learning Centre di Jakarta, Jumat (11/11).

Baca juga : G20 Momen Bersejarah

Menurutnya, bonding tetap menjadi dasar anak percaya dengan lingkungan, sehingga membangun keterampilan sosial yang baik bagi anak-anak.

Selain itu, jadikan quality time bersama anak sebagai momen eksplorasi minat dan bakat anak, apalagi masih di usia periode emas anak.

"Anak-anak akan lebih semangat ketika didampingi atau berinteraksi dengan orang tua sebagai orang terdekat di hidupnya, sehingga orang tua menjadi lebih mudah mengajarkan nilai-nilai penting dalam kehidupan," tegas dia

Baca juga : 30 Ribu Tentara Rusia Mundur, Warga Kherson Bersuka Cita

Marcelina menambahkan, bermain merupakan cara efektif bagi anak-anak untuk belajar banyak hal baru, apalagi ditunjang dengan kehadiran permainan anak yang sesuai dengan usianya dan dibutuhkan oleh tahapan perkembangan dirinya.

Meski demikian, menurutnya mengajak anak-anak untuk berekreasi di luar rumah saat liburan juga turut menjadi penunjang dalam menghabiskan waktu yang berkualitas bersama anak.

Terpenting untuk diingat, orang tua merupakan sosok atau tokoh utama yang diidolakan anak-anaknya, sehingga para orang tua wajib mengenalkan hal-hal dasar yang positif, seperti bermain permainan yang sesuai usianya, sehingga dapat mengurangi keinginan anak mencoba hal lain di luar usianya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.