Dark/Light Mode

Webinar Literasi Digital Kominfo

Pelanggan Wajib Diservice Lho!

Selasa, 15 November 2022 15:06 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) kembali menggelar kegiatan webinar di Sumatera dengan tema Tips Digital: Membangun Loyalitas Pelanggan Via Media Sosial.

Dalam webinar tersebut, Lusi Ayu Daningsih selaku Duta Kampus UNPI Cianjur yang hadir sebagai narasumber, menekankan pentingnya membangun loyalitas kepada pelanggan.

“Ada 4 tips membangun loyalitas pelanggan,” kata Lusi dalam webinar yang digelar Senin (14/11).

Baca juga : Kejar Target Bebas Emisi, ESDM Kembangkan Kendaraan Listrik

Sebagai praktisi digital, Lusi mengungkapkan bahwa Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah menjadikan pelanggan sebagai member dengan menawarkan berbagai keuntungan.

Selanjutnya, melakukan analisa data pelanggan untuk mengkategorikan produk yang mereka minati. Tips ketiga, selalu menginformasikan produk baru dan promo kepada pelanggan yang sering belanja.

“Terakhir, beri perhatian lebih kepada pelanggan yang melakukan pembelian dengan frekuensi yang sering dan dalam jumlah besar,” pungkas Lusi.

Baca juga : Toko Online Juga Perlu Dandan

Head of RnD Urban Sakola, Denisa Nur yang turut hadir sebagai narasumber menambah wawasan tentang pentingnya komunikasi dengan pelanggan dalam menawarkan produk.

Hal itu menurutnya penting dilakukan karena menyangkut etika digital. Sehingga, pelanggan harus merasa dihormati dan dihargai. Meskipun tidak selalu berujung dengan check out keranjang belanja.

“Komunikasi dan pelayanan akan menjadi hal yang penting dalam mendukung membangun loyalitas pelanggan,” ungkap Denisa di hadapan 3.000 peserta webinar.

Baca juga : KSP Tekankan Pentingnya Literasi Keuangan Untuk Atasi Pertanian

Ia pun memawarkan 3 tips sederhana dalam melayani dan berkomunikasi dengan pelanggan. Pertama, selalu memberikan sapaan setiap kali memulai percakapan dengan konsumen.

“Kedua, gunakan kalimat dan bahasa yang sopan setiap kali berkomunikasi dan melayani pelanggan. Terakhir,selalu memberikan respon yang cepat setiap kali ada komplain dan pertanyaan dari pelanggan,” ujar Denisa Nur.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.