Dewan Pers

Dark/Light Mode

Tips Hindari Mobil Berjamur Dan Karat Saat Musim Hujan

Sabtu, 19 November 2022 13:22 WIB
Pemolesan bodi kendaraan oleh mekanik Auto2000. (Foto: Ist)
Pemolesan bodi kendaraan oleh mekanik Auto2000. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Memasuki musim hujan, pemilik kendaraan harus lebih ekstra lagi melakukan perawatan mobil. Selain bertujuan untuk keselamatan di jalan, juga supaya mobil lebih awet dan tampilannya tetap baik. 

Salah satu masalah yang menghantui adalah timbulnya jamur dan karat pada bodi mobil. Auto2000 menjelaskan tips supaya mobil terhindar dari masalah tersebut. 

Lokasi Parkir Mobil 

Berita Terkait : PKS Dan NasDem Hepi

Sebisa mungkin pastikan mobil diparkir di lokasi yang memiliki atap. Ini menghindari bodi mobil dari terpaan curah hujan secara langsung, begitu juga apabila tiba-tiba matahari muncul dari  balik awan, dan menyorot langsung ke bodi mobil. 

Rajin Mandikan Mobil  

Jangan biarkan air hujan menempel terlalu lama di tubuh mobil, segera mandikan mobil atau semprot dengan air rumah setelah mobil diguyur hujan, supaya tak meninggalkan jamur. Jangan hanya bodinya saja, tapi juga bagian kolong mobil di mana berpotensi terkena cipratan genangan air hujan, yang tercampur dengan zat-zat kimia dan bisa menyebabkan karat. 

Berita Terkait : Tekan Inflasi, Kemendagri Minta Daerah Percepat Realisasi APBD

Mencuci mobil secara menyeluruh juga sebaiknya dilakukan, ketika mobil baru saja melalui wilayah yang dekat dengan pantai atau bahkan terkena air pantai yang mengandung garam berlebih.  

Waspada Getah Dan Serangga 

Pada saat perjalanan panjang atau ke luar kota, pastikan bodi mobil aman dari bekas-bekas benturan dengan serangga atau terkena getah pepohonan. Bila ternyata ditemukan kondisi seperti itu, sebaiknya jangan dibiarkan lama dan sebaiknya langsung cuci mobil, dengan sampo mobil yang direkomendasikan.  

Berita Terkait : Sambil Senam, Ratusan Emak-emak Tasikmalaya Dukung Puan

Goresan Pada Cat Mobil 

Kemudian yang perlu juga jadi perhatian, pastikan cat pada bodi mobil tidak ada yang terkelupas, entah itu akibat benturan atau hal lainnya. Pasalnya celah tersebut bisa berpotensi menyebabkan karat pada bodi mobil.  

“Jamur dan karat, tak hanya bisa membuat tampilan mobil kurang sedap dipandang, tetapi juga bisa membuat komponen kendaraan menjadi lebih cepat rusak. AutoFamily sebaiknya secara rutin untuk melakukan perawatan kendaraan, dan bisa memanfaatkan bengkel Body & Paint Auto2000 dengan kualitas yang terstandar Toyota Jepang,” terang Nur Imansyah Tara, Aftersales Business Division Head Auto2000, Sabtu (19/11).