Dark/Light Mode

Perkuat Institusi, i3L Kembali Raih Akreditasi Unggul Untuk Prodi Bioteknologi

Rabu, 28 Desember 2022 10:09 WIB
Foto: i3L
Foto: i3L

 Sebelumnya 
Ia menyatakan bahwa akreditasi unggul ini tidak lepas dari perjuangan program studi Bioteknologi dan juga institusi, Visi, misi, tujuan, dan strageti Prodi yang selaras dengan Fakultas dan Institusi.

Banyaknya kerja sama di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat yang berdampak dan berkelanjutan. Lebih lanjut Gina mengatakan, sumber daya manusia yang berkualitas dan memadai, khususnya dosen-dosen yang memiliki kepakaran dan latar belakang pendidikan dari institusi terkemuka di dalam dan luar negeri.

Baca juga : Samsung Innovation Campus Hasilkan Solusi Kandang Untuk Peternak Berteknologi IoT

"Usia dosen yang relatif muda sehingga selalu terbuka akan perubahan dan selalu berupaya memperbaiki Prodi Bio Teknologi, Selain itu tentunya komitmen dan dukungan dari institusi untuk selalu menjaga mutu Prodi Bio Teknologi”, ujar Gina.

Gina mengungkapkan bahwa Prodi Bioteknologi mendapatkan akreditasi unggul dengan melalui beberapa tahapan. Pada dasarnya, Prodi melaporkan kinerja serta proses penjaminan mutu yang telah berjalan dalam 5 tahun terakhir kepada pihak LAMSAMA.

Baca juga : Perkuat Alutsista, TNI AL Pakai Produk Lokal

Laporan kinerja juga mencakup evaluasi serta rencana perbaikan dan pengembangan kedepannya. Aspek yang dilaporkan mencakup Visi, misi, tujuan, dan strategi (VMTS), Organisasi, tata pamong, dan kerjasama, Mahasiswa, Sumber daya manusia, Sarana, prasarana, dan keuangan, Pendidikan, Penelitian, Pengabdian kepada masyarakat, dan Luaran tridharma perguruan tinggi.

“Laporan tersebut disusun bekerjasama dengan Fakultas Bio Sains, Kantor Penjaminan Mutu i3L, serta dukungan dari unit terkait," ujar Gina.

Baca juga : Ayo Beradaptasi Dengan Perkembangan Teknologi

Setelah dokumen yang dilaporkan dinyatakan mencukupi, pada tanggal 27-29 November 2022, tim asesor eksternal dari LAMSAMA melakukan visitasi dan penilaian lapangan.

"Visitasi tersebut meliputi diskusi dengan tim Prodi Bio Teknologi, Fakultas Bio Sains, dan Kantor Penjaminan Mutu i3L, wawancara dengan staf, mahasiswa, dan alumni, serta kunjungan fasilitas kampus i3L," pungkas Gina. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.