Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Universitas Esa Unggul Buka Program Studi Teknik Sipil

Kamis, 22 September 2022 23:17 WIB
Serah terima SK Kemendikbudristek untuk Universitas Esa Unggul mengenai Produ Teknik Sipil. (Foto: Dok; UEU)
Serah terima SK Kemendikbudristek untuk Universitas Esa Unggul mengenai Produ Teknik Sipil. (Foto: Dok; UEU)

RM.id  Rakyat Merdeka - Universitas Esa Unggul (UEU) secara resmi membuka Program Studi Teknik Sipil. Pembukaan Prodi Teknik Sipil ini sesuai dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) yang diterima dalam Serah Terima Surat Keputusan, di Kemendikbudristek.

Rektor Universitas Esa Unggul Arief Kusuma Among Praja mengatakan, Teknik Sipil menjadi prodi keempat di Fakultas Teknik UEU, di Fakultas Teknik. Sebelumnya, terdapat tiga prodi yakni Survei dan Pemetaan, Perencanaan Wilayah, dan Kota dan Teknik Industri.

Baca juga : Erick Turun Gunung Ngecek Program Solusi Nelayan Di Cilacap

"Teknik Sipil UEU memiliki kekhususan di dua konsentrasi yakni manajemen konstruksi dan manajemen transportasi. Nantinya, mahasiswa yang memilih Teknik Sipil UEU akan memiliki kesempatan untuk merasakan fasilitas terbaik di Fakultas Teknik seperti Laboratorium Sistem Produksi, Laboratorium Perancangan Kerja dan Ergonomi Laboratorium Komputasi dan Optimasi, Studio Gambar Teknik, dan fasilitas lainnya," ucap Arief.

Arief melanjutkan, mahasiswa teknik pun mendapatkan kesempatan untuk magang pada BUMN dan perusahaan konstruksi besar di Indonesia. Teknik Sipil UEU pun memiliki prospek bekerja untuk merancang dan mensupervisi pembangunan infrastruktur seperti jalanan, bangunan, terowongan, bandara, bendungan, jembatan, penyimpanan air, dan sistem sanitasi.

Baca juga : Perhutani Dan Universitas Jambi Gelar Program Merdeka Belajar

Arief menambahkan, lulusan Teknik Sipil UEU akan bekerja bersama berbagai tim. Mereka menggunakan teori dan model bangunan untuk memprediksikan kinerja suatu desain (bangunan).

"Mahasiswa Teknik Sipil UEU nantinya akan menguji suatu desain dalam skala kecil sebelum mulai membangun. Dalam mengambil keputusan, mereka harus mempertimbangkan fungsi bangunan, manfaatnya bagi masyarakat, keselamatan pekerja, dan anggaran," terang Arief.

Baca juga : Universitas Esa Unggul-LLDIKTI Gelar Festival Kehumasan 2022

Hal yang membanggakan lainya dari Teknik Sipil UEU, lanjut Arief, yakni memiliki jaringan kerja sama dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat (Tri Dharma Perguruan Tinggi), serta praktik kerja dan magang mahasiswa, dengan beberapa perguruan tinggi/industri, baik di dalam dan di luar negeri. "Kita harapkan Teknik Sipil Esa Unggul dapat menghasilkan lulusan yang berdaya saing global serta memiliki kemampuan soft skill dan hard skill sehingga dapat memenuhi kebutuhan industri dan bermanfaat bagi masyarakat," tutupnya.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.