Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Tips Menulis Surat Lamaran Kerja Yang Baik & Benar Bagi Pemula

Rabu, 22 Februari 2023 09:59 WIB
Contoh membuat surat lamaran kerja. (Foto: Istimewa)
Contoh membuat surat lamaran kerja. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Agar bisa mendapatkan kesan pertama yang menarik dari HRD, kalian harus menguasai beberapa tips untuk menulis surat lamaran kerja. Dimana surat akan menjadi lembar penilaian yang pertama kali dilihat oleh HRD. Agar kalian tidak bingung dalam membuatnya, bisa melihat contoh surat lamaran kerja mulai dari fresh graduate hingga surat lamaran kerja berpengalaman.

Tidak sedikit perusahaan yang memandang surat lamaran sebagai bagian yang penting dari seluruh dokumen yang kalian ajukan. Maka dari itu penting sekali untuk kalian mengetahui tips menulis surat lamaran kerja yang baik dan benar, khususnya untuk pemula yang baru akan melamar pekerjaan. Simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

Tips Menulis Surat Lamaran Kerja

Merangkum tips dari beberapa sumber tips menulis surat lamaran kerja yang baik dan benar, dibawah ini kita akan membagikannya kepada kalian. Dengan begitu, tips ini bisa kalian gunakan untuk membuat surat lamaran kerja agar bisa diterima oleh perusahaan yang dimaksud. Kalian juga bisa melihat referensi contoh surat lamarannya lainnya di dpmptsp-sumbatimurkab.id. Berikut ini tipsnya :

1. Menulis Secara Efektif
Kesan pertama yang akan dinilai oleh HRD yaitu ditentukan dari kualitas surat lamaran kerja yang dikirimkan. Kalian harus menggunakan tata bahasa yang rapi, penyampaian yang lugas, dan pemilihan kata yang efektif menjadi penilaian utama. Jika kalian mengabaikan semua hal tersebut, semakin kecil harapan surat lamaran yang dibuat akan dilihat.

Baca juga : Provinsi Jateng Sudah Punya 28 MPP, Ganjar Akan Kembangkan Layanan Digital

2. Riset Tentang Perusahaan yang Dilamar
Tentunya setiap perusahaan mempunyai kualifikasinya masing-masing untuk mencari karyawan. Yang jelas setiap perusahaan juga mempunyai kriteria yang berbeda-beda, begitu juga dengan pola dan struktur lamaran kerja. Oleh sebab itu, riset sangatlah penting untuk bisa menentukan isi dari surat lamaran kerja yang akan dibuat.

3. Susunan Isi Surat Lamaran
Tidak jauh berbeda dengan surat lainnya, dimana surat lamaran juga mempunyai kualifikasi baku dalam penulisannya. Berikut ini contoh penyampaian poin yang tertata dan berurutan :

Kepada Yth.

PIMPINAN PT. PAN PACIFIC NESIA Jakarta Pusat

Dengan Hormat,

Baca juga : Peduli Kesehatan Kerja di Bulan K3, Angkasa Pura I Gelar Donor Darah

Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama Lengkap : ....
Tempat & tanggal lahir : ....
Alamat : ....
No Tlp : ....

Dengan ini mengajukan surat lamaran kerja kepada Bapak/ Ibu Pimpinan PT. Pan Pacific Nesia untuk bisa diterima menjadi salah satu karyawan di perusahaan yang Bapak/ Ibu pimpin.

Sebagai bahan pertimbangan, dengan ini sama lampirkan beberapa dokumen diantaranya :

1. Fotocopy ijazah terakhir
2. Fotocopy transkip nilai
3. Daftar riwayat hidup
4. Fotocopy KTP
5. Fotocopy SKCK
6. Pas foto 4x6 (2 lembar)

Baca juga : Sri Mulyani Sambangi Jepang Bahas Pemulihan Ekonomi Pasca Pandemi

Demikian surat yang sudah saya buat dengan sebaik-baiknya, besar harapan saya untuk bisa diterima di perusahaan ini. Saya ucapkan banyak terima kasih atas perhatian Bapak/ Ibu pimpinan.

Hormat Saya,

(Nama Lengkap Pelamar) ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.