Dark/Light Mode

Tips Membuat Rumah Menjadi Smart Home Idaman

Rabu, 22 Februari 2023 18:30 WIB
Ilustrasi Smart home. (Foto: Ist)
Ilustrasi Smart home. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Seiring pertumbuhan zaman yang semakin canggih, sekarang teknologi sudah serba smart home atau home automation. Semua perangkat rumah tangga bisa melakukan hal-hal canggih dengan bantuan aplikasi.

Dahulu mungkin tidak terpikirkan kalau ternyata internet bisa kontrol rumah dari jarak jauh atau melakukan pembersihan rumah dengan robot. Tapi, mungkin masih banyak dari kita yang bingung bagaimana caranya mengubah rumah yang sudah lama ditinggali menjadi smart home. Berikut beberapa tipsnya yang bisa dicoba:

Pahami Tata Letak Rumah

Baca juga : Perkuat Transformasi Digital, PKT Genjot Inovasi Smart Production

Supaya perangkat smart home bisa berfungsi maksimal, wajib hukumnya buat identifikasi tata letak rumah. Tujuannya supaya memudahkan penentuan perangkat yang dibutuhkan dan berapa jumlah perangkat yang harus dibeli. Misal, jumlah lampu pintar atau jumlah CCTV yang sesuai dengan luas rumah. 

Pastikan Internet Di Rumah Dapat Mendukung

Harus diakui kalau internet punya pengaruh paling besar untuk mewujudkan konsep smart home. Barang tentu, semua sistem perintah perangkat pintar bakal dikendalikan langsung lewat alamat Internet jaringan WiFi. Jadi, mau tidak mau harus dipastikan internet di rumah dalam kondisi stabil. Jangan sampai sinyal timbul hilang. Sayang sekali kalau sudah pilih mode TV untuk dikomandoi sesuai keinginan kita, tapi internetnya tidak berfungsi.

Baca juga : Wapres Minta Tingkatkan Jumlah Sekolah Unggulan di Sumatera Utara

Gunakan Peralatan Elektronik Yang “Smart

Dengan nama smart home, tidak bisa dipungkiri perangkatnya juga harus smart. Untuk mempermudah peralatan elektronik Anda bisa menggunakan IR Remote sebagai media pengontrol perlengkapan rumah Anda contohnya Air Conditioner, TV, dan lainnya. IR Remote dari Deon ini mampu memancarkan sinyal infrared ke setiap perangkat yang berkaitan dengan jarak kurang dari 12 meter.

Sehingga jika diposisikan tanpa penghalang fisik dan interference elektrik, maka IR Remote ini bisa menyampaikan perintah yang diinput di ponsel ke seluruh perangkat yang ada di rumah dan bisa meminimalisir penggunaan remote tradisional tanpa harus mengganti baterai remote.

Baca juga : Persiapkan Kebutuhan Ramadan Dari Sekarang

Chief Product Officer dari Deon, Juliz Tsai menjelaskan, produk smart home dengan harga terjangkau kini bisa menjadi pilihan masyarakat dalam mengumpulkan produk Smart Security, Smart Lighting, Smart Electrical dan Smart Home. “Meskipun dengan harga terjangkau, Deon meyakinkan masyarakat akan kualitas produknya,” katanya.

Kemudian bertahap bisa pembelian Smart Alarm System dari Deon dikarenakan untuk meminimalisir tindakan kasus kejahatan yang mencurigakan, supaya dapat lebih aman dalam meninggalkan rumah Anda, Smart Alarm System dengan kelebihannya dapat mendeteksi gerakan, dapat kiriman notifikasi status buka dan tutupnya pintu yang dapat terhubung dengan smartphone Anda.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.