Dark/Light Mode

Perkuat Transformasi Digital, PKT Genjot Inovasi Smart Production

Senin, 20 Februari 2023 08:54 WIB
Direktur Operasi dan Produksi Pupuk Kaltim Hanggara Patrianta. (Foto: Dok. Pupuk Kaltim)
Direktur Operasi dan Produksi Pupuk Kaltim Hanggara Patrianta. (Foto: Dok. Pupuk Kaltim)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim/PKT) memastikan implementasi Smart Production menjadi bagian tak terpisahkan dalam transformasi Industri 4.0 di lingkungan perusahaan.

Direktur Operasi dan Produksi Pupuk Kaltim Hanggara Patrianta mengatakan, smart production menjadi salah satu aspek utama dalam mendorong kinerja optimal, mulai dari meningkatkan keandalan pabrik, produktivitas hingga efisiensi konsumsi energi dan bahan baku.

Baca juga : Gandeng Pemkot Bontang, PKT Gelar Rembug Tingkat Kelurahan Atasi Stunting

"Sebagai salah satu National Lighthouse 4.0 di Indonesia, pihaknya melakukan evaluasi secara berkala, guna menjaga kesinambungan implementasi smart production dalam mewujudkan keberlanjutan," ujar Hanggara dalam keterangannya, Minggu (19/2).

Smart production di Pupuk Kaltim, menurutnya telah dibangun melalui berbagai aplikasi pendukung, hingga pengembangan yang dirancang saling terintegrasi satu sama lain untuk meningkatkan manfaat, serta efisiensi dan menghindari redundansi data.

Baca juga : Menhub Perkuat Kerja Sama Transportasi Dengan Singapura

"Evaluasi smart production, upaya kami meningkatkan awareness dalam mendukung program transformasi digital di Pupuk Kaltim. Sehingga, dari review tersebut dapat dilakukan perbaikan maupun peningkatan secara maksimal," ujar Hanggara saat membuka Smart Production Evaluation Meeting 2023 di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Barat (NTB), beberapa waktu lalu.

Sejauh ini, valuasi smart production terimplementasi melibatkan stakeholder untuk melakukan review impact, guna menggali Opportunity For Improvement (OFI) atas kondisi yang telah berjalan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.