Dark/Light Mode

Bertualang Ala Backpacker di Kebun Teh Nglinggo

Kamis, 22 Agustus 2019 11:42 WIB
Keindahan Kebun Teh Nglinggo. (Foto: Istimewa).
Keindahan Kebun Teh Nglinggo. (Foto: Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Yogya memang surganya wisata backpacker. Selain banyak hotel murah, kamu bisa menemukan tempat wisata menarik tetapi terjangkau. Kebun Teh Nglinggo sangat cocok untukmu yang senang melihat pemandangan indah dan aktivitas lokal. Kamu juga bisa mencicipi teh lokal yang lezat sebagai bonus, semua dengan harga murah!

Keindahan Kebun Teh Nglinggo
Kebun Teh Nglinggo berada di ketinggian 800 meter di atas permukaan laut. Hamparan kebun teh yang luas dan hijau akan menyegarkan matamu. Udaranya juga sejuk sehingga kamu tidak cepat lelah walau berjalan kaki. Kamu dapat melihat lingkaran pegunungan yang terdiri dari Gunung Merbabu, Merapi, Prau, Ungaran, Slamet, Sumbing, Sindoro, dan Telomoyo. 

Kebun Teh Nglinggo dulunya kurang terkenal, sehingga pendapatan masyarakat darinya relatif kecil. Pemerintah lokal Kulon Progo kemudian mempromosikannya sebagai tempat wisata untuk menambah pendapatan lokal.

Baca juga : Penjualan Eceran Juni Turun 1,8 Persen

Pemerintah juga bekerja sama dengan petani teh untuk mengembangkan produk bernama Teh Wangi Suroloyo. Paduan pengelolaan sebagai tempat wisata serta suguhan teh wangi ini membuat Kebun Teh Nglinggo cocok sebagai destinasi wisata.

Ingin melihat pemandangan yang lebih spektakuler? Cobalah berjalan kaki ke arah Gunung Kukusan. Gunung ini memiliki area puncak bernama Puncak Kedeng. Kalian bisa menghampiri puncaknya dengan menyusuri jalan tanah yang sengaja tidak dicor. Pemandangan dari puncak bukit tersebut jauh lebih spektakuler karena posisinya.

Nikmatnya Minum Teh di Kebun Nglinggo
Berkunjung ke kebun teh tidak lengkap tanpa mencicipi hasil panennya. Kedai Teh dan Kopi Mr. Edy Tamsil berlokasi di Desa Nglinggo, tidak jauh dari lokasi kebun teh. Kamu bisa menikmati suasana warung yang otentik dengan pemandangan indah. Bangunannya terbuat dari kayu dan bambu, sehingga terkesan asri dan nyaman. Kedai ini menghidangkan teh serta kopi produksi asli Nglinggo yang wangi.

Baca juga : PM India Jadi Bintang Man Vs Wild

Jika lapar, kamu bisa memesan makanan lokal yang nikmat. Ayam bacem masak gula aren, urap, dan oseng-oseng kacang adalah lauk terkenal di Kedai Mr. Edy Tamsil. Kamu bisa berkunjung antara pukul 09.00 hingga senja. Akan tetapi, jika kedai sedang ramai, mereka bisa tutup pukul 21.00 atau bahkan lebih larut.

Lokasi Kebun Teh Nglinggo
Kebun Teh Nglinggo berlokasi di Desa Nglinggo yang memang sedang berbenah untuk menjadi desa wisata. Desa ini merupakan bagian dari Kecamatan Samigaluh di Kabupaten Kulon Progo. Kamu bisa naik kendaraan sewaan atau motor menyusuri Jalan Godean hingga Tugu Jogja, lalu belok ke Barat hingga mencapai Kulon Progo.

Jika sudah tiba di Kulon Progo, kamu harus mencari Jembatan Kulon Progo sebagai patokan awal. Belok kanan di lampu merah pertama dan ke kiri di lampu merah kedua, sampai kamu menemukan Pasar Plono. Silakan mengikuti jalan tersebut hingga ke gerbang kebun teh. Kamu juga bisa melihat baris-baris kebun teh yang berbentuk tangga ketika menyusuri jalan pegunungan. 

Baca juga : Hore, Seluruh Layanan Bank Mandiri Sudah Normal Lagi

Kebun Teh Nglinggo buka dari pukul 07.00 hingga 18.00. Tarif masuknya hanya Rp3.000, cocok untuk wisata murah.

Solusi Mencari Akomodasi Murah
Di mana sebaiknya kamu menginap jika ingin ke Kebun Teh Nglinggo? Pilih saja Airy Rooms untuk menemukan hotel di Jogja yang paling dekat ke tujuanmu. Jaringan hotel dengan jumlah properti terbanyak di Indonesia ini menawarkan kamar-kamar nyaman, banyak di antaranya cocok untuk backpacker.

Fasilitas standar seperti kamar mandi berpancuran, AC, Wi-Fi, air mineral, dan perlengkapan mandi cocok untuk wisata nyaman dan murah. Ingin segera berlibur ke Kebun Teh Nglinggo? Unduh aplikasi Airy dari Google Play Store atau Apple Store. Liburan ala backpacker di Jogja jadi lebih nyaman dan menyenangkan. [SRI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.