Dark/Light Mode

Ayo Daftar Beasiswa Untuk Mahasiswa di 9 PTN

Rabu, 11 September 2019 12:07 WIB
Ilustrasi (Foto Net)
Ilustrasi (Foto Net)

RM.id  Rakyat Merdeka - Beasiswa Teladan (Transformasi Edukasi untuk melahirkan Pemimpin Masa Depan) tahun 2020 yang diinisiasi Tanoto Foundation resmi dibuka mulai hari ini hingga 28 September 2019. Pendaftaran dan informasi beasiswa dapat dilihat secara daring pada website https://tanotofoundation.org.

Syarat-syarat yang harus dipenuhi bagi pendaftar beasiswa di antaranya, terdaftar sebagai Warga Negara Indonesia (WNI). Kedua, terdaftar sebagai mahasiswa semester pertama di salah satu perguruan tinggi mitra program Teladan, yakni Institut Pertanian Bogor (IPB), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Brawijaya (UB), Universitas Andalas, Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Indonesia (UI), Universitas Diponegoro (Undip), Universitas Sumatra Utara (USU), dan Universitas Riau (Unri).

Baca juga : Dukung Diplomasi RI-Afrika, Universitas Negeri Padang Beri Beasiswa S2 dan S3 Untuk Mahasiswa Ethiopia

Ketiga memiliki prestasi akademik yang baik dengan minimum nilai rata-rata rapor kelas III SMA/SMK/MA adalah 8 dari skala 10. Tak hanya itu, calon pendaftar juga harus bisa menunjukkan potensi kepemimpinan yang kuat serta memiliki komitmen untuk berkontribusi pada masyarakat dan pembangunan bangsa.

Pendaftar juga dituntut mampu berkomunikasi dengan Bahasa Indonesia secara baik. Kemudian kemampuan Bahasa asing terutama Bahasa Inggris akan menjadi nilai tambah untuk mendapatkan beasiswa.

Baca juga : Kejar KKB yang Provokasi Massa di Papua

Beberapa fasilitas dan keuntungan beasiswa ini di antaranya bebas dari biaya kuliah yang telah dibayarkan 100 persen sejak perjanjian penandatangan beasiswa hingga semester VIII. Tak hanya itu, penerima beasiswa juga akan mendapatkan tunjangan bulanan yang dibayarkan sejak perjanjian penandatanganan beasiswa hingga semester akhir yaitu semester VIII.

Menjadi bagian dari Tanoto Scholars penerima beasiswa akan mendapatkan dukungan pengembangan kepemimpinan terutama yang terstruktur dengan memperoleh banyak pengetahuan dan keterampilan khusus. Penerima beasiswa juga berkesempatan mengikuti program-program yang memberi pengalaman global termasuk belajar ke luar negeri. Dukungan pengembangan karier dan kepemimpinan yang ekstensif juga akan diberikan. 

Baca juga : Alasan PLN: Butuh Waktu 8 Jam untuk Hasilkan Uap di PLTU

Untuk tahapan pelatihan beasiswa Teladan yaitu program dasar, program lanjutan dan persiapan karier. Masing-masing tahapan tersebut mencakup pengembangan kepemimpinan, pengembangan kepribadian, pengembangan karier serta kontribusi sosial. [MEL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.