Dark/Light Mode

Publikasi UIN Bandung Libatkan Mahasiswa

Rabu, 24 Juli 2019 20:38 WIB
Delegasi International Conference on Wireless (ICWT) UIN Bandung saat akan berangkat ke Yogyakarta untuk mengikuti konferensi publikasi ilmiah. (Foto: Humas UIN Bandung)
Delegasi International Conference on Wireless (ICWT) UIN Bandung saat akan berangkat ke Yogyakarta untuk mengikuti konferensi publikasi ilmiah. (Foto: Humas UIN Bandung)

RM.id  Rakyat Merdeka - Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati (SGD) Bandung terus menggenjot publikasi ilmiah. Dalam publikasi ini, UIN Bandung membangun kemitraan antara dosen dan mahasiswa. Kemitraan ini bahkan menjadi salah satu agenda utama.

"Rektor selaku pemangku kebijakan sangat mendukung penguatan publikasi. Terlebih melibatkan mahasiswa," ujar Kepala Pusat Penelitian dan Publikasi (Puslitpen), Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M), UIN SGD Bandung, Wahyudin Darmalaksana, di acara gelar kemitraan dosen dan mahasiswa, di Aula Mini Gedung Lecture Hall, UIN Bandung, Rabu (24/7), seperti keterangan yang diterima redaksi. 

Publikasi ilmiah kemitraan dosen dan mahasiswa diawali dengan penelitian. Dosen berperan menjadi pembimbing penelitian. Hasil penelitian diolah menjadi paper untuk dipublikasikan di jurnal ilmiah nasional dan internasional.

Baca juga : Dengan Kefir Susu, UIN Bandung dan Desa Cilembu Atasi Stunting

"Kemitraan dosen dan mahasiswa dipacu untuk mengisi beberapa konferensil dengan target publikasi prosiding," ungkap Wahyudin Darmalaksana didampingi Ketua, Sekretaris, dan Dosen Jurusan Elektro Fakultas Sains dan Teknologi (Saintek) UIN SGD Bandung yang berhasil menyiapkan 33 paper untuk dipresentasikan di agenda The 5th International Conference on Wireless (ICWT) pada 25-26 Juli 2019, di Yogyakarta. 

ICWT dibesut Institut Teknologi Bandung (ITB) sejak 5 tahun silam. UIN SGD Bandung tampil sebagai co-organized ICWT 2019. Prosiding ICWT akan diterbitkan di IEEE Xplore dengan index Scopus.

Delegasi ICWT 2019 sebanyak 48 orang. Terdiri atas 25 mahasiswa, 5 alumni, dan 18 dosen. Rombongan bertolak dari Bandung ke Yogyakarta dengan kereta api, Rabu 24 Juli 2019.

Baca juga : Perluas Siaran Liga Inggris, Mola TV Gandeng Matrix dan Mix

"Publikasi ilmiah reputasi global dengan melibatkan mahasiswa harus diluaskan," tambah Wahyudin.

Dua mahasiswa S1 Jurusan Teknik Elektro Fakultas Saintek UIN SGD Bandung, Abdurrahman Nurhakim dan Siti Maria Ulfah, mengaku sangat senang bisa ikut kegiatan tersebut. "Saya seneng banget bersama temen-temen terpilih menjadi delegasi ICWT," kata Abdurrahman. "Mohon doa. Terima kasih untuk Pak Rektor. Doakan kami agar bisa membanggakan orang tua," tutur Siti Maria Ulfah 

"Semua 33 paper akan dipresentasikan 25 mahasiswa dan 5 alumni," sambung Ketua Jurusan Teknik Elektro Fakultas Saintek, UIN SGD Bandung, Edi Mulyana.

Baca juga : Menpora Siapkan Beasiswa ke Pelajar

"Mohon doa kepada semua civitas. Semoga agenda konferensi sukses, lancar, dan selamat," ujar Pemimpin Delegasi ICWT 2019, Eki Ahmad Zaki. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.