Dark/Light Mode

Unika Atma Jaya Kucurkan Beasiswa Mahasiswa Rp 30 Miliar

Jumat, 4 Agustus 2023 14:30 WIB
Foto: Ist
Foto: Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Sebanyak 2.560 mahasiswa Universitas Katolik Indonesia (Unika) Atma Jaya menerima beasiswa pada 2022.

Dari keseluruhan penerima beasiswa tersebut, ada sebagian mahasiswa yang mendapatkan beasiswa melalui Program Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K).

Program beasiswa ini merupakan bentuk kolaborasi dan komitmen dukungan universitas terhadap program Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek)

Wakil Rektor Bidang Penelitian dan Kerja Sama Yohanes Eko Adi Prasetyanto mengatakan, program beasiswa KIP-K juga menjadi jalur yang diminati calon mahasiswa baru untuk melanjutkan studinya ke jenjang yang lebih tinggi di Unika Atma Jaya.

Baca juga : Di UGM, Menteri Basuki Beri Motivasi Kepada Mahasiswa Baru

Total, jumlah yang mendaftar sebanyak 446 siswa. Pada tahun 2022, terdapat 59 mahasiswa yang studi di Unika Atma Jaya melalui program beasiswa KIP-K ini, terdiri dari 42 penerima on going dan 17 penerima baru.

Sedangkan di 2023, sembilan di antara mahasiswa penerima on going sudah menyelesaikan studinya.

"Dengan adanya penambahan 27 mahasiswa baru penerima program beasiswa tersebut maka total penerima beasiswa menjadi 77 mahasiswa,” kata Yohanes Eko.

Kesempatan studi melalui program beasiswa KIP-K di tahun 2022 meliputi Manajemen, Akuntansi, Ekonomi Pembangunan, Administrasi Bisnis, Ilmu Komunikasi, Pariwisata, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Agama Katolik, Bimbingan dan Konseling, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Teknik Industri, Sistem Informasi, Ilmu Hukum, Bioteknologi, dan Teknologi Pangan.

Baca juga : Porsi Makanan Kurang, Gugat Resto Rp 78,5 Miliar

Sedangkan pada tahun 2023 ini bertambah program studi Teknik Mesin, Teknik Elektro, Farmasi, Psikologi, dan Kedokteran.

Dia menjelaskan, dukungan Unika Atma Jaya untuk program ini pada tahun 2022 sebesar 1,5 miliar atau 66,26 persen dari total biaya yang dibutuhkan.

Kemudian, pada tahun 2023, meningkat sebesar 193,3 persen menjadi 2,9 miliar dan memberikan kontribusi sebesar 67,2 persen dari total kebutuhan dana beasiswa.

"Total dukungan yang diberikan dalam program beasiswa KIP-K tersebut merupakan bagian dari komitmen alokasi beasiswa universitas sebesar 30 miliar tahun ini," tambah Eko.

Baca juga : Mantap, Yayasan Mochamad Thohir Berikan Beasiswa TAMBA, Nilainya 1 Juta Dolar AS

Mahasiswa baru yang menerima beasiswa melalui program KIP-K juga telah melalui tahap seleksi untuk memastikan beasiswa KIP-K yang diberikan tepat sasaran.

“Kami membuka peluang seluas-luasnya bagi calon mahasiswa untuk melanjutkan studi di Unika Atma Jaya melalui program beasiswa, termasuk KIP-K,” jelasnya.

Pemberian beasiswa ini, khususnya KIP-K, selaras dengan semangat pendiri Atma Jaya, Frans Seda, agar generasi muda yang berakademis baik tetapi terkendala secara finansial tetap dapat melanjutkan pendidikan tinggi berkualitas di Unika Atma Jaya dan meraih cita-citanya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Live KPU