Dark/Light Mode

Awas, Low Back Pain Bisa Bikin Lumpuh, Kenali Gejala Dan Penyebabnya

Minggu, 6 Agustus 2023 06:42 WIB
Ilustrasi nyeri punggung bagian bawah (low back pain) (Foto: Net)
Ilustrasi nyeri punggung bagian bawah (low back pain) (Foto: Net)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ahli Bedah Tulang dr. Asa Ibrahim Sp.OT mengungkap, nyeri tulang punggung bagian bawah (low back pain) kini menduduki peringkat dua penyakit yang paling sering dikonsultasikan ke dokter, setelah batuk pilek. Satu yang perlu diwaspadai: penyakit ini bisa bikin lumpuh.

Low back pain yang tak hanya didominasi lansia atau banyak dialami kelompok usia muda, dapat menurunkan produktivitas penderitanya. Karena penyakit ini bisa bikin orang tidak enak duduk, tidak enak kerja, dan tidak enak aktivitas. Mau ngapa-ngapain, serba nggak enak.

Penyebab

Dr. Asa menjelaskan, low back pain bisa disebabkan oleh penyakit-penyakit serius dan berbahaya seperti saraf terjepit, tulang bergeser, tumor, dan sebagainya.

Tapi ternyata, penyebab yang paling banyak adalah masalah yang tidak berbahaya. Yakni masalah pada otot seperti tarikan atau cedera otot. Istilah kerennya, muscle strain.

"Gejalanya, nyeri pada gerakan atau posisi tertentu," jelas dr. Asa via Twitter, yang kini sudah berganti nama menjadi X, Sabtu (5/8).

Baca juga : Arab Saudi Bikin Rusak Harga Transfer Pesepakbola

Menurutnya, cedera otot banyak dipicu oleh aktivitas sehari-hari, seperti lima hal di bawah ini:

1. Duduk dalam waktu yang terlalu lama

2. Posisi atau postur duduk yang tidak baik

3. Mengangkat barang berat

4. Gerakan memuntir punggung yang berlebihan

Baca juga : Apa Itu Sindrom Peter Pan? Kenali Penyebab Dan Cara Mencegahnya

5. Kurang tidur/posisi tidur kurang baik

"Coba dicek, mana aktivitas yang berlebihan atau kurang benar, yang membikin Anda mengalami cedera otot punggung," ucap dr. Asa.

Dia bilang, syarat utama sembuh dari low back pain, bukanlah obat. Yang paling penting adalah menghindari aktivitas yang menjadi penyebabnya.

Banyak pasien low back pain yang tak kunjung sembuh, karena penyebabnya tidak teridentifikasi.

"Obat hanya membantu. Hanya mengobati gejala, bukan penyebab. Jadi, pasien akan sakit lagi, jika aktivitas pemicunya itu tetap dilakukan," papar dr. Asa.

Pengobatan

Baca juga : Apakah Kurban Hewan Bisa Diganti, Ini Kata Denny JA

Jika Anda berhasil mengidentifikasi penyebab low back pain dan menghindari atau mengistirahatkannya, maka Anda sudah satu langkah menuju kesembuhan.

Bila masih terasa sangat nyeri, bisa dibantu dengan beberapa jenis obat yang didapat dari dokter. Seperti obat radang, nyeri, dan obat untuk mengurangi tegangan otot.

Selain obat-obatan, low back pain juga dapat disembuhkan lewat fisioterapi, penggunaan korset, dan suntik punggung.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.