Dark/Light Mode

Bahaya Osteoporosis Di Usia Tua, Waspada Tulang Rentan Untuk Patah

Selasa, 26 September 2023 18:31 WIB
Tulang merupakan kerangka dasar yang membentuk serta menopang tubuh kita. (Ilustrasi Istimewa)
Tulang merupakan kerangka dasar yang membentuk serta menopang tubuh kita. (Ilustrasi Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menginjak usia tua terkadang menjadi hal yang riskan untuk beberapa orang. Karena pasalnya tubuh akan mengalami penurunan fungsi organ, terutama jika kita tidak berupaya menjaga kesehatan sejak muda.

Salah satu organ yang dapat mengalami penurunan kualitas yaitu tulang, sehingga apa yang terjadi pada tulang jika kita tidak menjaga kesehatannya?

Konsultan Geriatri Eka Hospital Bekasi, Dr. dr. Kuntjoro Harimurti, Sp.PD-KGer, M.Sc menjelaskan, tulang merupakan kerangka dasar yang membentuk serta menopang tubuh kita.

Baca juga : Masuki Usia Setengah Abad, Ini Harapan Prof Tjandra Untuk PDPI

Menurutnya, tulang memungkinkan kita untuk bisa berdiri dan bergerak sehari-hari sehingga jika tulang mengalami gangguan, ini akan sangat mempengaruhi masa tua kita.

"Ada banyak gangguan yang bisa terjadi pada tulang kita, namun salah satu penyakit yang rentan untuk menyerang orang tua yaitu osteoporosis," ujar Kuntjoro dalam keterangannya, Selasa (26/9).

Apa itu Osteoporosis dan Apa Penyebabnya?

Baca juga : Persib Vs Persija, Bojan: Peluang Menang Fifty-fifty

Osteoporosis adalah gangguan pada tulang yang dapat melemahkan tulang, membuatnya menjadi rapuh dan lebih mudah patah.

Kuntjoro menjelaskan, penyakit ini biasanya berkembang secara perlahan selama beberapa tahun dan seringkali baru terdiagnosis ketika pengidapnya terjatuh atau terbentur tiba-tiba menyebabkan tulangnya patah.

Menurutnya, osteoporosis dapat menyerang siapapun, namun akan menjadi lebih rentan ketika Anda berada di usia tua.

Baca juga : Tempo Group Apresiasi Kemajuan dan Capaian Pemerintah Daerah

"Menurunnya volume tulang di masa tua merupakan hal yang normal, tetapi beberapa orang dapat kehilangan tulang lebih cepat dari biasanya. Hal ini dapat menyebabkan osteoporosis dan peningkatan risiko patah tulang," ujar Kuntjoro.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.