Dark/Light Mode

Manfaat Kayu Bajakah untuk Kesehatan Tubuh

Minggu, 12 November 2023 20:34 WIB
Kayu Bajakah. (Foto: Yoona.id)
Kayu Bajakah. (Foto: Yoona.id)

Beberapa waktu lalu, kayu bajakah begitu ramai diperbincangkan masyarakat Indonesia karena memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh. Hal ini membuat kayu bajakah diburu oleh pembeli dari berbagai daerah di Indonesia. Bahkan, hingga membuat harga kayu bajakah melonjak tinggi.

Kayu bajakah mempunyai nama latin Spatholobus Littoralis Hassk. Kayu bajakah merupakan salah satu tanaman herbal dari pedalaman Kalimantan Tengah yang dipercaya bisa mencegah sejumlah penyakit.

Berdasarkan Asian Journal of Health Research (2022), batang bajakah terbukti mengandung beberapa senyawa aktif yang baik untuk tubuh. Ada pun kandungan fitokimia dalam kayu bajakah meliputi flavonoid, tanin, saponin polifenol, dan alkaloid.

Terdapat banyak manfaat kayu bajakah yang dapat dikonsumsi untuk kesehatan tubuh. Beberapa di antaranya:

Baca juga : Kemenkes-TNI Perpanjang Kerja Sama Bangun Kesehatan Indonesia

1. Mencegah Obesitas

Melansir WebMD, sejumlah penelitian telah menunjukkan banyak sekali manfaat dari senyawa flavonoid. Salah satunya adalah mencegah penyakit seperti diabetes melitus. Dalam berbagai penelitian, kayu bajakah telah menunjukkan potensi untuk meredakan risiko diabetes. Madu bajakah juga memiliki kemampuan untuk mengurangi peluang terkena penyakit ini. Kendati demikian, manfaat ini masih bersifat hipotesis. Artinya, butuh penelitian lanjutan untuk benar-benar memastikannya.

2. Mempercepat Penyembuhan Luka

Senyawa tanin yang terkandung dalam kayu bajakah berfungsi untuk menghilangkan mikroba berbahaya dari tubuh. Manfaat kayu bajakah untuk kesehatan dapat mempercepat penyembuhan luka dengan cara merangsang pembentukan pembuluh darah baru pada luka. Selain itu, kandungan tanin juga dapat melawan bakteri, virus, dan jamur berbahaya dengan cara mempercepat pembekuan darah. Maka dari itu, proses penyembuhan pada luka pun dapat berjalan lebih cepat.

Baca juga : PMI Gelar Operasi Katarak Untuk 150 Pasien Di Maluku

3. Menurunkan Resiko Penyakit Kanker

Dilansir dari halodoc, kanker adalah penyakit yang terjadi akibat pertumbuhan sel abnormal tak terkendali dan bisa menyebar ke area sekitarnya. Penyakit ini bisa terjadi di bagian tubuh mana pun. Kayu bajakah mampu menurunkan risiko penyakit kanker karena senyawa flanovid dalam kayu bajakah memiliki manfaat mencegah sejumlah penyakit kronis. Berdasarkan penelitian The Journal of Food and Medicinal Plants (2020), menunjukkan potensi ekstrak tanaman kayu bajakah dalam pengobatan tumor otak.

4. Menurunkan Risiko Penyakit Hati

Berdasarkan penelitian yang terbit pada The Journal Of Tropical Life Science, kandungan antioksidan dalam kayu bajakah juga bisa mencegah kerusakan hati.

Baca juga : Peringati HKN Ke-59, Menkes Ziarah Ke Makam Pahlawan Kesehatan

5. Meringankan Rasa Pegal

Saat mengalami pegal linu, biasanya seseorang jadi tidak bebas bergerak dan beraktivitas. Jika hal ini terus mengangggu, cobalah untuk meminum air rebusan kayu bajakah atau teh olahan akarnya secara rutin. Cara ini dapat membantu tubuh menjadi lebih rileks dan mengurangi munculnya pegal-pegal pada tubuh. Selain dikonsumsi dalam bentuk teh herbal, bajakah juga diolah dalam bentuk madu. Konon, manfaat madu bajakah untuk kesehatan adalah dapat meringankan rasa pegal.

Itulah manfaat kayu bajakah dari Kalimantan ini untuk kesehatan tubuh Anda. Meskipun diketahui bermanfaat bagi kesehatan, diperlukan penelitian lebih lanjut untuk menggali potensi dan efektivitas ekstrak akar bajakah.

Roslina
Roslina
Mahasiswa Jurusan Jurnalistik, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi, UIN Syarif Hidayatullah.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.