Dark/Light Mode

Keampuhan Self-Talk Memberikan Perasaan Lebih Baik

Jumat, 1 Desember 2023 20:18 WIB
Ilustrasi Self-Talk (Sumber: Pinterest)
Ilustrasi Self-Talk (Sumber: Pinterest)

Self-talk adalah suatu upaya memberikan afirmasi positif untuk diri sendiri dengan melakukan monolog menggunakan kalimat-kalimat afirmasi positif yang dapat memberikan perasaan lebih baik. Positive self-talk  dinilai dapat memberikan pengaruh pada pikiran, perasaan, serta perilaku diri sendiri.

Setiap orang pasti pernah mengalami fase ketika merasa kurang percaya diri, sehingga akhirnya muncul pikiran-pikiran negatif dari kepalanya sendiri. Menerapkan positive self-talk adalah cara yang bisa dilakukan untuk mengusir pikiran buruk tersebut.

Self-talk bisa dikatakan sebagai seni berbicara dengan diri sendiri menggunakan cara yang positif. Upaya ini juga dapat membantu seseorang dalam mengambil keputusan dengan tepat dan menjadi lebih bijak dalam menghadapi masalah kehidupan.

Melalui positive self-talk, seseorang akan terus terdorong untuk berpikir positif, optimis, termotivasi, dan selalu berusaha melihat sisi positif dari segala hal. Salah satu contoh afirmasi dalam positive self-talk adalah kalimat “semua akan baik-baik saja.”

Seberapa Ampuh Self-Talk itu?

Baca juga : KI Pusat Akan Laporkan Pelaksanaan Monev Badan Publik ke Presiden

Self-talk atau percakapan internal yang kita miliki dengan diri sendiri, dapat sangat ampuh dalam memengaruhi suasana hati, perilaku, dan pandangan diri. Efektivitas self-talk sangat tergantung pada jenis self-talk yang digunakan dan cara penggunaannya. Lalu, apa pertimbangannya?

  • Positif vs Negatif

Self-talk positif, kita kita memberi diri sendiri dorongan dan dukungan, seringkali lebih efektif daripada self-talk negatif yang penuh dengan kritik dan diri sendiri. Self-talk positif dapat meningkatkan rasa percaya diri dan motivasi.

  • Spesifik vs Umum

Self-talk yang spesifik, seperti menfokuskan diri pada tugas tertentu atau masalah konkret, cenderung lebih efektif daripada self-talk yang terlalu umum. Misalnya, mengatakan "Saya bisa menyelesaikan tugas ini langkah demi langkah" lebih efektif daripada hanya mengatakan "Saya harus berhasil."

  • Mengubah Pola Pikiran Negatif

Self-talk yang paling efektif adalah yang dapat membantu kita mengubah pola pikiran negatif menjadi yang lebih positif. Misalnya, jika kita berpikir, "Saya pasti akan gagal," kita dapat mengganti self-talk tersebut dengan, "Saya bisa mencoba yang terbaik dan belajar dari pengalaman ini."

  • Konsistensi

Penting untuk menggunakan self-talk secara konsisten. Mengulangi pesan positif kepada diri sendiri secara teratur dapat membantu memperkuat pandangan positif tentang diri sendiri dan situasi.

  • Kendali Emosi

Baca juga : Relawan GPS For Ganjar-Mahfud Berikan Pelatihan Peluang Usaha Baru Di Kendal

Self-talk juga dapat membantu kita mengendalikan emosi. Misalnya, saat kita merasa marah, self-talk yang meminta kita untuk tenang dan merenung sebelum bereaksi secara impulsif dapat sangat membantu.

  • Dorongan dalam Pencapaian Tujuan

Self-talk yang fokus pada tujuan dan motivasi dapat membantu kita mempertahankan tekad untuk mencapai apa yang kita inginkan.

  • Dukungan Diri Sendiri

Self-talk dapat berfungsi sebagai dukungan dari diri sendiri, memberikan perasaan bahwa kita memahami diri sendiri dan peduli terhadap diri sendiri.

Saat digunakan dengan benar, self-talk dapat menjadi alat yang kuat untuk meningkatkan kesejahteraan emosional dan performa. Namun, perlu diingat bahwa self-talk tidak selalu dapat mengatasi masalah psikologis yang serius. 

Sementara itu, dalam segi kesehatan mental, beberapa manfaat melakukan self-talk adalah sebagai berikut: 

  • Menurunkan Risiko Stres dan Depresi

Baca juga : Pasca Diberhentikan, KPK Cabut Pengawalan Buat Firli Bahuri

Menerapkan positive self-talk dalam rutinitas sehari-hari telah terbukti dapat mengurangi gejala depresi, kecemasan, kelelahan mental, serta gangguan kepribadian dengan efektif. Menerapkan self-talk juga dinilai bisa mengembangkan pemikiran optimis ketika menghadapi situasi yang menantang dan berpotensi menimbulkan stres. Positive self-talk mampu membantu mengubah cara pandang menjadi lebih positif saat menghadapi situasi yang berat.

  • Meningkatkan Kepercayaan Diri

Manfaat berikutnya dari self-talk adalah meningkatkan kepercayaan diri. Melalui positive self-talk, tingkat kepercayaan diri dan harga diri seseorang bisa menjadi lebih tinggi, dan kedua hal ini penting terutama ketika sedang menghadapi situasi tertentu atau berusaha mencapai tujuan. Kepercayaan diri yang diperoleh melalui positive self-talk bisa mengurangi perasaan insecure. Di samping itu, menerapkan positive self-talk juga dapat menyingkirkan keinginan untuk melukai diri sendiri (self harm) bahkan menghilangkan pikiran untuk bunuh diri.

  • Meningkatkan Motivasi

Self-talk adalah metode untuk merefleksikan diri melalui pendekatan yang positif. Self-talk bisa menjadi perantara dalam mengintropeksi diri, mengenali aspek positif dan negatif dalam diri, serta memacu motivasi diri yang berperan dalam meningkatkan pencapaian seseorang.

  • Mengambil Sisi Positif dari Suatu Peristiwa

Perlu diingat bahwa self-talk bukan berarti membohongi diri sendiri. Justru, cara ini dilakukan agar seseorang dalam melihat segala peristiwa dari sudut pandang yang positif. Misalnya, saat mengalami hal buruk, self-talk dapat membantu Anda mengambil hikmah atau sisi positif dari pengalaman tersebut dan menjadikannya sebagai pelajaran berharga.

  •  Membuat Hidup Lebih Bahagia

Terbiasa melakukan Self-Talk diketahui dapat meningkatkan kualitas hidup, sehingga bisa membuat seseorang merasa lebih percaya diri dan menghargai diri sendiri. Kebiasaan ini juga dapat membantu meningkatkan kedamaian hati dalam berbagai situasi.

Zein Zahiratul Fauziyyah
Zein Zahiratul Fauziyyah
Mahasiswa Jurusan Jurnalistik UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.