Dark/Light Mode

5 Cara Mempersiapkan Perjalanan Bisnis yang Efisien

Kamis, 10 Oktober 2019 11:06 WIB
Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Perjalanan bisnis sering kali menjadi bagian yang mahal dan penting dari suatu pekerjaan. Oleh karena itu, akan sangat bijak apabila Anda dapat mempersiapkan perjalanan itu secara matang dan terperinci.

Dengan demikian, bukan hanya kinerja Anda yang akan jadi lebih baik ketika melakukan perjalanan tersebut, budget travel yang dikeluarkan juga bisa terpakai secara efisien.

Nah, berikut adalah lima tips mempersiapkan perjalanan bisnis bagi para profesional.

1. Mencari Hotel yang Nyaman

Sangat penting untuk menjaga kebugaran selama melakukan perjalanan bisnis. Anda tentu tidak ingin kelelahan fisik mengganggu proses negosiasi bisnis, bukan?

Maka dari itu, pastikan untuk memilih tempat menginap yang nyaman dan punya fasilitas lengkap.

Anda pun bisa mencari informasi terkait hotel mana saja yang menawarkan harga terjangkau, tetapi didukung dengan fasilitas mumpuni.

Sebaiknya lakukan riset ini paling lambat seminggu sebelum berangkat ya, agar persiapan Anda bisa tersusun dengan matang.

Baca juga : Indonesia-Singapura Sepakati Kerangka Kerja Manajemen Wilayah Udara

2. Menggali Informasi Seputar Kota Tujuan

Entah itu perjalanan bisnis atau bukan, ada baiknya melakukan riset tentang kota tujuan. Hal ini tentunya penting untuk dilakukan, khususnya jika perjalanan tersebut adalah pengalaman pertama Anda di kota itu.

Oleh karenanya, gali lebih banyak informasi seputar adat-istiadat, kebiasaan masyarakat setempat, dan lokasi mana saja yang sebaiknya Anda hindari saat datang ke kota tersebut.

Semua informasi itu tentu akan sangat berguna bagi Anda, terutama untuk mencegah hal-hal yang tidak menyenangkan terjadi selama melakukan perjalanan.

3. Menyimpan Dokumen Penting dengan Baik

Selama melakukan perjalanan, sebaiknya simpan dokumen penting yang Anda bawa secara teliti dan terorganisir.

Untuk menghindari insiden dokumen jatuh atau terselip, susun rapi semua data penting dalam satu map.

Lalu urutkan mulai dari yang paling penting dan beri tanda supaya lebih gampang dilihat. Tak kalah penting, Anda harus memiliki cadangan data dari dokumen fisik yang dibawa.

Baca juga : Lewat Material Center, Kemenperin Dorong Bisnis IKM

Sebelum berangkat, pindai terlebih dahulu semua dokumen Anda dan kemudian upload ke cloud atau perangkat penyimpanan digital lainnya.

Jadi, apabila dokumen hilang atau terjadi insiden seperti dijambret, Anda tetap memiliki salinan dari data-data tersebut.

4. Berkemaslah dengan Bijak!

(sumber : suara.com)

Saat melakukan perjalanan bisnis, Anda tentu akan dituntut untuk mengatur waktu secara efisien.

Maka, berkemaslah dengan bijak dan efisien. Bawa pakaian secukupnya dan tidak berlebihan.

Sebisa mungkin hindari membawa barang yang tidak begitu penting untuk menunjang performa Anda selama melakukan perjalanan bisnis.

Tentunya, Anda tidak ingin terbebani dengan tas atau koper yang berat, bukan? Selain bisa menghambat mobilitas Anda, menenteng barang bawaan yang berat pastinya bisa membuat fisik jadi gampang lelah.

5. Selalu Terkoneksi dengan Internet

Baca juga : Bamsoet Ajak Semua Elemen Bangsa Sukseskan Pelantikan Presiden

Selalu pastikan bahwa Anda memiliki koneksi ke jaringan internet. Selain dibutuhkan untuk membangun komunikasi bisnis yang baik, tentu juga lebih memudahkan perjalanan Anda.

Selain itu, memiliki akses ke internet akan membuat Anda lebih gampang melakukan update informasi, baik yang terkait dengan bisnis atau urusan pribadi.

Untuk lebih memudahkan perjalanan Anda, ayo manfaatkan layanan business travel management dari Airy Business.

Hadir sebagai solusi terbaik bagi Anda para profesional yang sering melakukan perjalanan bisnis, layanan ini memberi kemudahan dalam menyusun, memesan, atau bahkan melakukan pembayaran.

Pelanggan Airy Business juga disediakan sebuah dashboard yang secara khusus dikembangkan untuk memudahkan kegiatan administrasi.

Kini, Anda tidak perlu bingung mencari informasi tentang hotel murah yang pas untuk bujet perjalanan bisnis. Segeralah bergabung dengan Airy Business untuk perjalanan yang lebih nyaman! [SRI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.