Dark/Light Mode

Indosat Shehacks 2023 Lahirkan 3 Inovator Perempuan Bidang Start Up

Selasa, 19 Desember 2023 14:54 WIB
Foto: Indosat Ooredo Hutchison
Foto: Indosat Ooredo Hutchison

RM.id  Rakyat Merdeka - Program Corporate Social Responsibility atau CSR dari Indosat Ooredoo Hutchison, SheHacks 2023, berhasil melahirkan tiga inovator perempuan.

Ketiganya adalah Algobash sebagai pemenang pertama, Donasi di peringkat kedua, dan Lisfit di posisi ketiga.

Ketiganya terpilih sebagai juara berdasarkan faktor dampak yang diberikan, pertumbuhan bisnis, kesiapan usaha, unique selling points, potensi kesempatan pendanaan, dan kemampuan presentasi dan komunikasi.

Tahun ini, SheHacks yang merupakan hasil kolaborasi Indosat dengan KUMPUL.ID, hadir dengan tema Perempuan Inspirasi: Kuatkan Inovasi, Wujudkan Kesetaraan.

Ada tiga kategori yang dikompetisikan, yakni 3 Best MVP, Best Innovate Category, dan 3 Best Ideation Category.

SVP–Head of Corporate Communications dari Indosat Ooredoo Hutchison Steve Saerang menyatakan antusiasme yang tinggi ini menjadi penyemangat perusahaan untuk terus memberikan dampak positif terhadap kesetaraan gender dan menciptakan lingkungan yang kian inklusif.

“Dengan semangat gotong royong untuk mewujudkan peluang tanpa batas dari perempuan Indonesia, SheHacks 2023 memberikan pengalaman berharga sebagai wadah untuk menorehkan ide dan karya luar biasa dari para perempuan Indonesia,” ujarnya dalam siaran pers yang diterima pada Selasa (19/12/2023).

SheHacks digelar untuk menutup kesenjangan gender terhadap perempuan dalam hasil ekonomi, pendidikan, kesehatan, dan lingkungan dengan memanfaatkan teknologi.

Baca juga : Mahfud Segarkan Ingatan Peran Penting Sumbar Selamatkan Republik

Program SheHacks telah berjalan sejak April 2023 dan berfokus pada pengembangan inovasi untuk perempuan Indonesia dengan lebih dari lebih dari 9.256 perusahaan rintisan (startup).

Ada lebih dari 500 proposal yang berisi produk jadi dan purwarupa, serta 8.000 proposal ide yang inovatif.

Para peserta SheHacks 2023 telah melalui program mentoring dan inkubasi untuk kemudian masuk dalam program pendampingan, memungkinkan para peserta bertemu dengan investor dan mitra potensial.

SheHacks 2023 ditutup dengan sesi Awarding Day dan mengumumkan tiga pemenang.

Keberhasilan ketiga pemenang tersebut menjadi acuan penting dalam menciptakan kesetaraan.

Peran KUMPUL.ID selaku Strategic Partner dalam kesuksesan SheHacks 2023 sangat signifikan dalam mengelola seluruh program.

Mulai dari konseptualisasi hingga pelaksanaan. Dengan pendekatan strategis, KUMPUL.ID juga menentukan elemen-elemen penting yang ingin ditampilkan selama program berjalan.

Kerja sama ini juga didukung oleh komitmen yang kuat untuk selalu menyelaraskan program dengan pilar-pilar utama Indosat Ooredoo Hutchison dalam meningkatkan kapasitas perempuan pada teknologi, bisnis, dan kewirausahaan.

Baca juga : Kowani Dan GPW Bangun Perdamaian Dan Kesadaran Masyarakat

Juga, memberikan kontribusi yang substansial untuk mewujudkan platform yang dinamis dan memberdayakan, yang mendorong pertumbuhan dan inovasi perempuan dalam bidang-bidang kunci tersebut.

Managing Director dari KUMPUL.ID Mega Prawita mengungkapkan, selama tiga tahun terakhir, Indosat Ooredoo Hutchison dan KUMPUL.ID telah menjalin kemitraan erat melalui SheHacks, dan menjadi pendorong utama dalam mewujudkan pemberdayaan perempuan dalam kewirausahaan.

“Bersama-sama, kami telah berkomitmen untuk mengakselerasi inovasi untuk perempuan bisa maksimal dalam menguasai teknologi, bisnis, dan, membuka peluang baru kewirausahaan,” tutur Mega.

Menurut dia, SheHacks terbukti mampu menciptakan komunitas perempuan yang sustainable, memberdayakan.

Tidak hanya kepada peserta tahun ini, tapi juga kepada peserta di seri sebelumnya untuk ikut berperan sebagai mentor ataupun mitra.

“Tidak hanya itu, program SheHacks telah menciptakan domino effect yang tidak hanya memberikan dampak langsung ke peserta, namun juga terhadap keluarga dan lingkungan sekitar mereka untuk berdaya bersama," tambahnya.

Melalui kemitraan bersama Indosat Ooredoo Hutchison pada SheHacks 2023 dan berakhirnya program ini, Mega berharap KUMPUL.ID mampu memberikan solusi terhadap tantangan dalam mewujudkan akselerasi pemberdayaan kewirausahaan untuk perempuan.

National Programme Officer – Women Entrepreneurship dari UN Women Indonesia, Pertiwi Triwidiahening mengapresiasi upaya Indosat Ooredoo Hutchison dalam mendukung pemberdayaan perempuan untuk berinovasi dalam mencari solusi dari berbagai tantangan sosial yang ada saat ini.

Baca juga : Banyaknya Larangan Di IHT Ancam Penerimaan Negara

“Saya berharap, Indosat melalui SheHacks dapat mendorong lebih banyak pihak untuk mendukung kesetaraan gender,” ujar Pertiwi, yang juga merupakan juri SheHacks 2023.

Sementara itu, Melinda Wardiman, selaku Co-founder & COO dan mewakili Algobash memberikan apresiasinya.

Menurut dia, pengalaman yang didapat di SheHacks 2023 sangat luar biasa.

Mereka mendapat mentoring 12 jam bersama mentor khusus, dan berkesempatan menjalankan pilot project bersama perusahaan-perusahaan pilihan.

“Itu membuat kami bisa mendapatkan validasi (bisnis) lebih cepat dan lebih mudah,” kisahnya.

Mereka, lanjutnya, juga berhasil mendapatkan extra traction hingga 600 lebih user selama mengikuti program.

“Sebuah kehormatan bagi kami untuk dapat dipilih menjadi pemenang utama dalam program SheHacks 2023. Semoga apa yang kami lakukan dapat menginspirasi lebih banyak perempuan Indonesia untuk dapat maju dan berkembang,” harapnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.