Dark/Light Mode

200 Kendaraan Offroad IOF Pengda DKI Gelar Apel Antisipasi Bencana Banjir

Sabtu, 20 Januari 2024 18:15 WIB
Sebanyak 200 kendaraan offroad mengikuti apel kesiapsiagaan banjir 2024 di Buperta Cibubur. (Foto: Ist)
Sebanyak 200 kendaraan offroad mengikuti apel kesiapsiagaan banjir 2024 di Buperta Cibubur. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dalam upaya menghadapi musim hujan dan potensi bencana banjir, Indonesia Offroad Federation (IOF) Pengda DKI Jakarta menyelenggarakan apel kesiapsiagaan di Buperta Cibubur, Sabtu (20/1). Apel siaga ini dihadiri berbagai klub mobil offroad yang tergabung dalam IOF Pengda DKI Jakarta.

"Kami tidak berharap ada bencana, tetapi jika terjadi, baik di Jakarta maupun di seluruh Indonesia, kami siap bekerja sama,” ujar Iwan Sakri, Ketua IOF Pengda DKI Jakarta.

Kesiapan ini disampaikan Iwan Sakti setelah selama ini IOF Pengda DKI Jakarta solid dan selalu hadir terdepan  dalam  rescue penanggulangan. 

Baca juga : Pos Indonesia Dan Pertiwi Jabar Gelar Operasi Katarak Gratis

Lebih dari 40 klub mobil, ikut Apel Siaga Banjir di antaranya Land Rover Club Indonesia (LRCI), Toyota Land Cruiser Indonesia (TLCI), Mercedez  ML Club Indonesia (MLCI), Land Rover Owner Nusantara (Laron), Suzuki Jip Indonesia dan Suzuki Katana Indonesia (SKIn Jakarta), berpartisipasi dalam kegiatan ini dengan total mobilisasi 200 kendaraan. Kegiatan tersebut juga didukung mobil Pemadam kebakaran Ciracas Jakarta Timur. 

Kaleem Ahmed, Rescue Ikatan Motor Indonesia (IMI) DKI Jakarta menambahkan, IMI DKI Jakarta, khususnya Rescue IMI DKI, siap mendukung dan bekerja sama dalam kegiatan penanggulangan bencana dan sosial bersama IOF Pengda DKI Jakarta.

Sementara itu, Sugeng Hidayat, Kepala Departemen Kesiapsiagaan Bencana dan Rescue IOF Pengda DKI Jakarta menyatakan, "Kolaborasi kami dengan IMI DKI Jakarta bertujuan untuk persiapan menghadapi banjir di musim hujan ini. Kami berkomitmen untuk berkontribusi aktif dalam penanganan bencana di Jakarta,” ujarnya.

Baca juga : Pj Gubernur Jabar Minta Masyarakat Waspada Antisipasi Bencana Alam

Hidayat, Founder IOF, menjelaskan, IOF rescue telah berkembang signifikan, dari 10-15 persen menjadi 50 persen dari total kegiatan IOF. Ini menunjukkan sinergi positif antara IOF Pengda DKI dan IMI dalam menghadapi bencana seperti Tsunami Aceh, gempa Padang, dan erupsi di Yogyakarta. “Tim rescue IOF Pengda DKI Jakarta merupakan salah satu tim rescue terbaik,” ujar Hidayat. 

Apel siaga ini selain diikuti oleh klub di bawah IOF Pengda DKI Jakarta juga dihadiri founder IOF yaitu Harry Sanusi, Hidayat, Yuma Wiranatakusumah dan Hendrik Badu. 

Sebelum apel, terlebih dahulu dilakukan pengukuhan pengurus IOF Pengda DKI Jakarta untuk periode 2023-2027 oleh Tony Hendrik Lasut, Kepala Departemen 1 Organisasi Pengurus Pusat IOF mewakili Ketua PP IOF. Tony mengatakan, kesolidan IOF Pengda DKI Jakarta harus terus dipertahankan dan menjadi contoh bagi pengda lainnya.

Baca juga : Gercep Respons Keluhan, Peternak Blitar Apresiasi Mentan Amran

Sementara itu, Ketua IMI DKI Jakarta, Anando Eko selain menyampaikan selamat kepada pengurus terpilih, juga menitipkan pesan agar pengurus baru amanah dalam menjalankan kepengurusan dan membawa organisasi ini semakin sukses dan jaya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.